Islam Dan Teknologi

Diajeng Lestari, Sosok di Balik E-commerce Fashion Muslim Hijup

By Vina Insyani

Founder, CEO Hijup.com, Diajeng Lestari. (Foto: Instagram/diajenglestari)

Uzone.id -- Bagi perempuan yang hobi berbelanja pakaian hingga hijab secara online, harusnya tak asing lagi dengan e-commerce hijup.com. ‘Mal online’ yang didirikan sejak 2011 ini namanya memang dikenal luas, tak hanya di Indonesia namun juga sampai ke mancanegara.

Sosok di balik e-commerce Hijup ini adalah seorang wanita inspiratif bernama Diajeng Lestari. Lahir pada 17 Januari 1976, banyak yang menganggapnya ‘kecipratan’ suami saat pertama kali mendirikan Hijup, yang tak lain dan tak bukan adalah pendiri Bukalapak, Achmad Zaky.

Kendati begitu, Hijup sampai sekarang menjadi platform e-commerce yang sukses dalam menghadirkan produk-produk fashion Muslim, terutama untuk para perempuan.

Baca juga: Mengenal 7 Startup 'Halal' di Berbagai Negara, dari Fintech Sampai Perjodohan

Selain karena dukungan dari suami, Diajeng juga mengaku sejak kecil sering diajak oleh sang ibu ke berbagai bazaar dan diperkenalkan dengan berbagai jenis penjualan. Lulusan jurusan Ilmu Politik FISIP UI ini kemudian terinspirasi untuk membentuk e-commerce khusus fashion Muslim pada tahun 2011.

Hal ini turut didorong oleh keinginannya untuk memberikan kemudahan bagi para perempuan dalam berpenampilan, sebab ia berkaca pada pengalaman pribadinya yang sempat mengalami kesulitan mendapatkan busana Muslim yang trendy dan fashionable karena tuntutan pekerjaannya yang mengharuskan ia tetap tampil rapi dan stylish meski berhijab.

Setelah situs Hijup rampung, ia menggandeng para desainer busana Muslim untuk platformnya agar produk yang dijual lebih lengkap dan eksklusif.

Baca juga: Jawed Karim, Inventor Muslim Pencetus Ide YouTube

Usahanya dalam membentuk Hijup tak selalu mulus. Berbagai rintangan Diajeng alami untuk mewujudkan bisnis ini. Tak sedikit orang-orang menganggap idenya tak memiliki pengaruh besar pada rekan bisnisnya, tetapi ia tak menyerah.

Ketika bisnis ini mulai dirintis, ia harus mengerjakan semuanya sendiri dengan bantuan dua karyawan. Setelah salah satu karyawannya resign, Diajeng memegang beberapa peran sekaligus termasuk direktur, manajer, hingga office girl. Untuk urusan IT, Diajeng bahkan sampai menyerahkan ke suaminya.

Perjuangannya mulai terbayar dengan hasil positif. Hijup kini menjadi salah satu e-commerce busana Muslim terbesar di Indonesia. Hijup juga menjadi e-commerce pertama yang bergerak dibidang fashion Muslim baik itu di Indonesia dan bahkan di dunia.

Hingga saat ini, Hijup diketahui telah mengirimkan koleksi-koleksinya ke lebih dari 50 negara di belahan dunia. Saking terkenalnya, Hijup pernah mendapatkan pendanaan dari perusahaan investasi yang ia gunakan untuk memperluas jangkauan situsnya.

Another Article