Ramadan Lyfe

Ramadan 2021, Transaksi Zakat Maal Tokopedia Meningkat Hampir 3 Kali Lipat

By Birgitta Ajeng

Ilustrasi. (Foto: Dok. Tokopedia)

Uzone.id - Tokopedia menghadirkan beragam inisiatif untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan serta menunjang aktivitas selama Ramadan, salah satunya adalah Zakat Maal.

Menariknya, selama Ramadan 2021, nilai transaksi Zakat Maal meningkat hampir tiga kali lipat di Tokopedia. Pada Ramadan 2020, nilai transaksi Zakat Maal di Tokopedia meningkat dua kali lipat dibanding Ramadan 2019.

"Selama bulan Ramadan 2021, nilai transaksi Donasi dan Zakat Maal di Tokopedia telah mencapai lebih dari Rp 3 miliar.," ujarExternal Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Pengguna Tokopedia pun telah mengumpulkan hampir Rp80 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban selama 2020.Sementara itu,jumlah transaksi Donasi meningkat lebih dari tiga kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum Ramadan.

Ekhel mengatakan bahwa donasi dari pengguna Tokopedia ini secara berkala disalurkan kepada sesama yang membutuhkan oleh berbagai lembaga terpercaya yang terhubung dengan platform kami.

Baca juga: Setahun Pandemi, Produk Kesehatan Masih Laris di Tokopedia

Tokopedia juga menghadirkan sederet fitur lain di Tokopedia Salam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi kebaikan, seperti fitur Fidyah, Kotak Amal, Qurban hingga Wakaf Uang.

Selain berbagi kebaikan, masyarakat juga bisa beribadah lewat genggaman tangan dengan fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat yang dapat diakses melalui Tokopedia Salam.

“Sejak pertama kali diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat di Tokopedia meningkat hampir 12 kali lipat. Sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35 kali lipat,” jelas Ekhel.

Baca juga: Ramadan 2021, Tokopedia Catat Kenaikan Transaksi Jilbab, Parsel, dan Perlengkapan Ibadah

Tokopedia melalui Tokopedia Salam merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, hingga pembayaran, bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan akan produk dan layanan yang baik.

Di sisi lain, guna memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mempererat silaturahmi di tengah pandemi dengan aman, Tokopedia juga menghadirkan Paket Selamat yang menawarkan diskon hingga 50 persen untuk berbagai produk digital, seperti pulsa, paket data, gamevoucherdan streaming hingga pembayaran listrik PLN.

“Melalui sederet inisiatif ini diharapkan dapat menyediakan akses lebih luas bagi lebih banyak masyarakat Indonesia agar bisa turut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lainnya sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia secara digital,” tutup Ekhel.