Digilife

Awal Ramadan, Makanan dan Minuman Ini yang Paling Laris di Tokopedia

  • 16 Apr 2022 WIB
    Bagikan :
    Foto: Tokopedia

    Uzone.id - Selama awal Ramadan 2022, ternyata makanan dan minuman jadi yang paling diincar di Tokopedia.

    Hal ini terbukti dari laporan Tokopedia dimana pada Ramadan kali ini kategori makanan dan minuman mengalami peningkatan transaksi paling tinggi dibandingkan Ramadan tahun sebelumnya.

    Makanan yang paling banyak diincar adalah Kurma Sukari dan Kurma Ajwa. Kurma memang identik dengan bulan suci Ramadan, maka tak heran jika makanan ini yang paling dicari menjelang dan selama bulan puasa.

    “Kurma sukari dan ajwa menjadi jenis kurma yang paling laris di Tokopedia di periode awal Ramadan,” kata Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustiana.

    Baca juga: 5 Rekomendasi Playlist Podcast Ramadan Untuk Ngabuburit

    Maisyalina menambahkan, “di sisi lain, sambal bawang dan sambal cumi merupakan dua jenis sambal yang paling diburu masyarakat.”

    Selain itu, Tokopedia juga mencatat beberapa kota yang mengalami peningkatan jumlah penjual makanan dan minuman selama awal Ramadan.

    Beberapa kota yang mengalami peningkatan penjual makanan dan minuman adalah Pekanbaru, Bandar Lampung, Denpasar, Balikpapan, dan Manado.

    Tren lain yang mengalami peningkatan di awal Ramadan ini adalah transaksi parsel makanan.

    Maisyalina mengatakan bahwa, “transaksi parsel makanan di Tokopedia pada periode awal Ramadan 2022 meningkat hampir 2 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadan tahun sebelumnya.”

    Baca juga: Meriahkan Ramadan, Telkomsel Siaga Hadir di 4 Kota

    Selama Ramadan ini, Tokopedia selaku platform e-commerce yang banyak digunakan warga Indonesia terus mengahdirkan kampanye guna membantu masyarakat memenuhi kebutuhan Ramadan, termasuk untuk sahur maupun buka puasa.

    Beberapa kampanye tersebut diantaranya Tokopedia NOW!, layanan 24/7 yang memungkinkan masyarakat berbelanja kebutuhan selama berpuasa dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.

    Hal ini bisa membantu masyarakat saat berbelanja makanan sahur. “siapa pun dapat berbelanja bahan makanan sahur, walau dipesan pukul 3.00 pagi menjelang sahur sekali pun,” kata Maisyalina.

    Selanjutnya ada kampanye Parsel Ramadan yang menyajikan ribuan pilihan parsel Lebaran, seperti kue kering, makanan siap saji, alat makan, aromaterapi, hingga alat ibadah mulai dari Rp50 ribuan dan gratis ongkir memakai GoSend.

    Ada juga Tokopedia Nyam! yang menggandeng UMKM lokal kategori makanan dan minuman yang memungkinkan masyarakat mendapatkan produk dari penjual terdekat.