XL Axiata Prediksi Trafik Internet Saat Ramadan Naik Hingga 20 Persen

Uzone.id — Menjelang Ramadan 2025, XL Axiata memprediksi kenaikan trafik data saat bulan suci Ramadan dan menjelang Lebaran mencapai angka sekitar 15 persen hingga 20 persen di tahun ini.
Penggunaan internet di bulan Ramadhan tersebut didorong oleh penggunaan berbagai layanan seperti media sosial, streaming, online shopping, gaming, dan aplikasi muslim.
Tak hanya itu, menjelang Lebaran, XL Axiata juga memperkirakan adanya kenaikan pada layanan media sosial, internet messaging, video streaming dan video call. Menurut prediksi XL Axiata, layanan-layanan ini akan mengalami peningkatan sekitar 55 persen di hari H dan H+1 Lebaran.
“Menjelang lebaran, pelanggan akan lebih banyak menggunakan media sosial, perpesanan, streaming video dan video call,” kata Jhon Paber Ompusunggu, Head Strategic Operation and Automation dalam acara Meda Update Kesiapan XL Axiata Jelang Ramadan dan Lebaran, Kamis, (27/02).
Menghadapi kenaikan trafik di Ramadan dan Lebaran 2025, XL Axiata telah menyiapkan beberapa strategi untuk memastikan bahwa jaringan tetap optimal sehingga pelanggan XL Axiata maupun Axis tetap terhubung dengan nyaman.
“Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, terutama pelanggan Muslim, XL Axiata secara rutin setiap tahun di bulan Ramadan selalu berupaya penuh untuk memperkuat jaringan dan menghadirkan paket-paket promo yang spesial,” kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.
Setidaknya ada beberapa strategi yang akan dilakukan XL Axiata dalam mempersiapkan jaringan menghadapi Ramadan tahun ini. Salah satu yang paling utama adalah penambahan kapasitas di lebih dari 2.000 BTS.
XL juga melakukan peningkatan kapasitas kapasitas core sebesar 20 persen dan peningkatan kapasitas RAN untuk lebih dari 2.000 Sites demi memastikan kelancaran dan kualitas layanan.
Penambahan 120 Mobile BTS juga dilakukan untuk menjaga jangkauan jaringan di area-area yang diprediksi terjadi lonjakan trafik selama Lebaran 2025. XL memperkirakan bahwa utilisasi kapasitas selama Ramadan dan Lebaran akan mencapai sekitar 78 persen, mengingat rata-rata utilisasi kapasitas saat ini adalah 60 persen.
Selanjutnya, XL juga memfokuskan optimalisasi jaringan di 566 Point of Interest, termasuk transportasi publik, pintu jalan Toll dan Rest Area, tempat keramaian dan tempat ibadah, objek wisata dan site XL Axiata.
XL menerapkan sejumlah inovasi dan teknologi canggih, termasuk uji jaringan dengan metode tanpa pengemudi untuk mengidentifikasi area yang membutuhkan optimalisasi, seperti SON (Self Optimization Network). Ada juga teknologi Real Time Alert and Monitoring yang merupakan sistem peringatan otomatis untuk memantau penurunan kualitas layanan serta menyeimbangkan kapasitas saat terjadi lonjakan trafik.
Lebih lanjut, XL telah menyiapkan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.
Dari kantor pusat, XL akan melakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC). XL juga menyiapkan lebih dari 1.000 tim siaga untuk mempersiapkan dan menjaga kualitas jaringan selama lebaran. Sistem Realtime Tools dan Integrated System juga digunakan oleh seluruh tim untuk tetap siaga selama 24/7 di NOC Commander Center dan area yang telah ditentukan.