Telco

XL Axiata Prediksi Data Internet 80 Persen Tersedot Layanan Video Saat Ramadan

By Siti Sarifah

Photo by Viktor Talashuk on Unsplash

Uzone.id -XL Axiata memprediksi jika layanan data akan meningkat sebanyak 24 persen lebih saat Ramadan sampai Lebaran 2021. Pertumbuhan ini seiring dengan masih dibutuhkannya layanan data untuk pelanggan yang memiliki di rumah saja, seperti tahun lalu.

Menurut Head of Customer Experience Management XL Axiata, Ahmad Hamzah, larangan mudik akan membuat pola pergerakan kenaikan data yang sama tahun ini dengan tahun 2020. Pada 2020, hanya 8 persen pelanggan Jabodetabek yang mudik di masa pandemi, sedangkan 65 persen memilih untuk tetap tinggal di kota atau di rumah.

"Pola pelanggan mudik di 2021 diperkirakan akan sama dengan tahun 2020 karena masih masa pandemi dan ada larangan untuk tidak mudik. Oleh karena itu fokus penambahan kapasitas akan dilakukan di wilayah seperti residensial, indoor area, rumah sakit, dan tentunya tempat wisata," ujar Hamzah dalam pemaparannya, kemarin.

Jika dilihat dari pengalaman libur Natal dan Tahun baru lalu, tempat wisata disebutnya tetap akan menjadi spot favorit. Makanya akan ada 795 titik fokus penambahan jaringan yang akan dilakukan XL. Langkah yang dilakukan di antaranya penambahan kapasitas 3 kali lipat, transmisi/fiber sebanyak 100 persen, dan Core System Data Service serta Upstream 100 persen dibanding 2020.

"Akan ada 64 Mobile BTS Existing untuk mendukung layanan di area tol, pariwisata, dan daerah pemukiman. Serta 17 tambahan mobile BTS," katanya.

Baca juga: Smartfren Ingin Malam Ramadan Lebih Berfaedah

Dia juga menyebutkan, beberapa aplikasi yang diprediksi akan naik selama Ramadan sampai Lebaran 2021 sudah pasti adalah layanan berbasis streaming; aplikasi video seperti YouTube dan TikTok; aplikasi penunjang kerja seperti Zoom, WhatsApp Call, Skype dan lainnya; pesan instan dan media sosial, games dan music streaming.

"Sekitar 81 persen layanan data akan digunakan untuk aplikasi berbasis video. Ada juga 2,5 persen untuk game, 0,2 persen menonton film, dan 0,1 persen untuk mendengarkan musik. Total konsumsi data naik 83 persen di layanan streaming, 9 persen sosmed, dan instant messaging akan turun 0,24 persen," kata Hamzah.

“Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Ramadan yang disusul Lebaran juga selalu menjadi momen yang spesial bagi XL Axiata. Belajar dari tahun lalu, trafik penggunaan layanan sepanjang Ramadan dan Lebaran mengalami kenaikan yang signifikan, bahkan saat pandemi berlangsung dan berlaku pembatasan pergerakan masyarakat. Tahun ini kondisi masih hampir sama dengan tahun lalu, termasuk pelarangan mudik, sehingga kami menyiapkan sejumlah promo produk yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat berbagai segmen di saat seperti sekarang. Kami berharap penawaran-penawaran kami bisa tetap membuat pelanggan produktif dan sekaligus memenuhi kebutuhan terkait aktivitas Ramadan dan Lebaran nanti," ujar Direktur Komersial XL Axiata, David Arcelus Oses.

XL meluncurkan sebuah inovasi terbaru “Paket Akrab”, berupa paket internet dengan kuota besar yang bisa dibagi bersama oleh anggota keluarga atau kerabat. Paket ini juga memberikan tambahan bonus kuota pribadi bagi masing-masing anggota dan akses langsung kuota unlimited untuk aplikasi WhatsApp, Google Maps, Zoom, Google Meet, Google Hangout, Google Classroom, Microsoft Teams, Office 365. Selain itu pelanggan juga akan mendapatkan gratis nelpon dan SMS ke nomor XL dan AXIS. Penambahan anggota dan pengaturan kuota bisa dilakukan dengan mudah di Aplikasi myXL. Tersedia berbagai pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan internet pelanggan dan harga spesial hanya di Aplikasi myXL.

Baca juga: Cara Facebook dan Instagram Sambut Ramadan 2021

Bagi pelanggan AXIS, tersedia penawaran menarik, yaitu “Paketupat” dan “Paketakjil” yang bisa di aktifkan melalui aplikasi AXISnet. Pada Paketupat, pelanggan bisa mendapatkan Kuota Utama plus Kuota Sahur yang berlaku jam 00.00 – 06.00 WIB dan berlaku selama 7 hari. Ada dua pilihan kuota :

Paket seharga Rp 29.900 dengan 15GB, terdiri dari Kuota Utama 10GB + Kuota Sahur 5GB.
Paket seharga Rp 34.900 dengan 20GB, terdiri dari Kuota Utama 15GB + Kuota Sahur 5GB.

Pada Paketakjil, pelanggan bisa mendapatkan Kuota Sahur dan Kuota Bedug yang berlaku pukul 17.00 – 20.00 WIB, masa aktif 7 hari. Paket ini juga terdiri dari dua pilihan.

Paket seharga Rp 29.900 dengan kuota data 13GB, terdiri dari Kuota Sahur 10GB + Kuota Bedug 3GB.
Paket seharga Rp 34.900 dengan kuota data 18GB, terdiri dari Kuota Sahur 15GB + Kuota Bedug 3GB.

Selain itu, pelanggan AXIS juga bisa memanfaatkan layanan AXIS DONASI untuk menyalurkan donasi melalui aplikasi AXISnet. Ada juga layanan PARSEL, yang bisa pelanggan manfaatkan untuk mengirim bonus kuota setelah pembelian paket ke sesama nomor AXIS.

Bagi pelanggan layanan pascabayar XL PRIORITAS, tersedia promo spesial Ramadan dengan kuota yang lebih besar dan harga yang lebih terjangkau. Dengan promo ini, pelanggan dapat menikmati kemudahan silaturahmi dan menebar kebaikan tanpa batas, tanpa perlu khawatir soal kuota dan harga bersama XL PRIORITAS. Untuk pelanggan baru, penawarannya:

Harga spesial sampai dengan 12 bulan untuk Unlimited Internet di semua jaringan dan aplikasi, mulai dari Rp 100.000/bulan.
Diskon smartphone hingga Rp 14 juta dan bonus voucher belanja Rp100.000 dengan paket bundling myPRIO DEAL X. Tersedia untuk berbagai pilihan smartphone favorit terbaru.

Sementara itu penawaran bagi pelanggan lama berupa:

Diskon 15% untuk pembelian Booster Data dan Nelpon.
Diskon 15% untuk upgrade plan, berlaku untuk pelanggan myPRIO X Unlimited, myPRIO Talk+, dan PRIO GO Plan.
Bonus kuota 1GB setiap isi pulsa PRIO Flex minimal Rp 25.000.

Untuk pelanggan layanan XL HOME, tersedia paket spesial Ramadan yaitu Paket promo BAROKAH (Bikin Asik Ramadan Dengan Koneksi dan Konten Meriah). Dengan paket promo ini pelanggan bisa mendapatkan layanan internet super cepat tanpa batas, sambil menikmati berbagai tayangan lokal dan internasional berkualitas, pertandingan olahraga populer, bahkan juga bermain gim di TV. Untuk pelanggan baru, paket ini memberikan manfaat:

Harga paket mulai dari Rp 299.000 per bulan untuk kecepatan hingga 100Mbps.
Gratis langganan Vidio Premier Platinum selama 6 bulan.
Gratis premium game dari Air Console.