Transaksi Paylater Naik 10 Persen Saat Ramadan, Banyak Dipakai Ongkos Mudik

Uzone.id – Salah satu platform paylater, Kredivo mencatat adanya kenaikan dalam tren penggunaan pembayaran buy now pay later (BNPL) selama bulan Ramadan 2025 kemarin.
Dalam laporan yang dibagikan Kredivo, pertumbuhan nilai transaksi Paylater naik sebesar 10 persen selama Ramadan 2025 dibandingkan Ramadan tahun sebelumnya.
Salah satu kenaikan paylater ini tercatat di wilayah Jabodetabek yang mengalami peningkatan sebesar 18 persen. Semenatara itu, Kredivo juga mencatat kenaikan sebesar 20 persen di luar Jabodetabek dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Angka ini mencerminkan semakin luasnya penggunaan paylater khususnya di Kredivo seiring dengan upaya intensif platform dalam memperluas layanan ke kota tier 2 dan tier 3.
Diantara banyaknya kategori barang yang dibeli, nilai transaksi di kategori travel meningkat 22 persen dibandingkan tahun lalu, seiring dengan tingginya permintaan mudik Lebaran.
“Kenaikan ini menunjukkan bahwa Kredivo semakin dipercaya sebagai solusi pembayaran untuk kebutuhan mudik, baik tiket transportasi maupun akomodasi,” kata Indina Andamari, SVP Marketing & Communication Kredivo, Selasa, (16/04).
Kenaikan ini terjadi di tengah dinamika ekonomi yang tidak menentu. Hal ini menunjukkan bahwa paylater menjadi solusi bantalan finansial masyarakat saat kebutuhan meningkat. Apalagi saat Ramadan dan Lebaran yang identik dengan peningkatan aktivitas belanja masyarakat.
“Meskipun di tengah kondisi ekonomi yang dinamis, tren yang dicatat oleh Kredivo menunjukkan Paylater telah menjadi solusi finansial yang tidak hanya fleksibel dan seamless, tetapi juga semakin relevan bagi masyarakat,” tambah Indina.
Paylater sendiri menjadi cara masyarakat untuk menjaga cash flow mereka, sekaligus memenuhi berbagai kebutuhan, khususnya selama Ramadan kemarin.
“Kami melihat tren ini sebagai bukti bahwa Paylater semakin diterima sebagai alat yang memudahkan masyarakat dalam merencanakan pengeluaran mereka secara lebih cermat dan terkontrol,” tambahnya.
Dari laporan yang dirinci oleh Kredivo, puncak transaksi menggunakan paylater ini terjadi pada minggu pertama dan kedua Ramadan. Para pengguna menggunakan paylater dengan tenor bayar selama 1 bulan.
“Transaksi selama Ramadan 2025 didominasi oleh pengguna berusia 30 tahun ke atas, mengindikasikan bahwa kelompok usia ini memiliki kebutuhan lebih besar dan mengandalkan Paylater sebagai metode pembayaran yang praktis dan seamless,” tambah Indina.
Lebih lanjut, para pengguna paylater ini banyak menggunakan paylater selama Ramadan untuk membeli Pulsa & Voucher, Gadget dan Elektronik, Perlengkapan Rumah Tangga, Kesehatan dan Kecantikan.
Kredivo secara konsisten memperkuat manajemen risiko dan menerapkan prinsip responsible lending untuk memastikan bahwa tren positif ini berlanjut secara sehat dan memberikan dampak optimal bagi perusahaan dan pengguna.
"Kami memastikan setiap pengguna mendapatkan limit yang proporsional sesuai dengan kemampuan bayar mereka, serta secara rutin mengevaluasi skor kredit pengguna untuk mendorong penggunaan Paylater yang bijak dan mencegah terjadinya kredit macet,” tambah Indina.
Selain itu, Kredivo juga mengaku aktif melakukan edukasi kepada pengguna melalui berbagai kanal komunikasi, mulai dari seminar tatap muka, media sosial hingga in-app channel.