Trafik Indosat Naik 21 Persen Saat Lebaran, Dipakai WA dan TikTokan

Uzone.id — Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan lonjakan trafik data sebesar 21 persen sepanjang periode Idul Fitri 1446 H dibandingkan hari biasa. Peningkatan ini melebihi prediksi awal Indosat dimana kenaikan diramal mencapai 14,6 persen.
Indosat juga mencatat bahwa puncak kenaikan lalu lintas data selama periode Idulfitri terjadi saat arus balik tanggal 4 April 2025.
Menurut keterangan dari Indosat, peningkatan ini ini dipicu oleh tingginya penggunaan aplikasi digital oleh pelanggan selama periode Ramadan dan Idul Fitri. Ada 5 aplikasi yang paling banyak diakses dan mengalami lonjakan aktivitas selama periode RAFI 2025.
Aplikasi-aplikasi ini adalah aplikasi perpesanan WhatsApp, Tiktok, Facebook, Youtube, dan Instagram.
Dengan berbagai kesiapan yang dilakukan, tingginya kebutuhan digital pelanggan diklaim bisa diantisipasi dengan dengan baik melalui kesiapan jaringan yang andal dan merata.
Dari seluruh wilayah Indonesia, ada beberapa kota-kota yang mengalami peningkatan lalu lintas data tertinggi selama Lebaran 2025 kemarin.
Dari wilayah Sumatera, Indosat mencatat Kota Bumi, Padang, Siantar, dan Tebing Tinggi sebagai kota dengan peningkatan lalu lintas data tertinggi. Sementara di wilayah sekitar Jakarta, peningkatan tertinggi terlihat di Bogor, Pandeglang, dan Sukabumi.
Di wilayah Jawa, kota-kota dengan kenaikan tertinggi antara lain, Garut, Kebumen, dan Madiun. Lalu, di Bali dan Nusa Tenggara, kenaikan trafik tertinggi berada di Flores Timur, Sumbawa, dan Lombok.
Tak ketinggalan, Singkawang, Bone, Gowa, dan Palu menjadi wilayah yang memiliki trafik data tertinggi di daerah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua.
Selama libur Lebaran ini, Indosat melakukan berbagai persiapan dan optimalisasi untuk memastikan kualitas jaringannya tetap maksimal di tengah meningkatnya kebutuhan komunikasi digital pelanggan di seluruh Indonesia, baik di kota besar maupun daerah tujuan mudik.
Tak hanya itu, Indosat juga melakukan optimasi khusus di area dengan potensi kepadatan tinggi seperti stasiun, terminal, rest area, hingga destinasi wisata populer, guna memastikan konektivitas tetap stabil tanpa gangguan.
“Kami percaya bahwa teknologi yang mutakhir harus diiringi oleh sentuhan tangan manusia. Layanan yang kami hadirkan selama periode Hari Raya Idulfitri ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed, juga dedikasi para engineer di lapangan agar pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang lancar,” kata Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison.
Komitmen Indosat ini diwujudkan melalui dedikasi ribuan petugas teknis di balik layar. Selama periode Lebaran 2025, Indosat menugaskan lebih dari 3.000 engineer dan petugas teknis di seluruh Indonesia.
Mereka berjaga di lapangan termasuk di DIOC (Digital Intelligence Operations Center), demi memastikan layanan lancar tanpa gangguan, bahkan saat puncak trafik sekalipun.