One Day One Review

Tradisi Selama Pandemi: Bagi-bagi THR Pakai Aplikasi Digital

By Hani Nur Fajrina

Uzone.id -- Selama pandemi melanda dunia, banyak kegiatan yang terpaksa dilakukan secara virtual, mulai dari pekerjaan, sekolah, ibadah, hingga tradisi bagi-bagi THR saat Hari Raya.

Perayaan Idul Fitri terasa tidak afdol tanpa THR, alias tunjangan hari raya. THR yang dimaksud adalah ‘saweran’ atau bagi-bagi uang ke keluarga seperti orang tua hingga keponakan dan tetangga dekat.

Sebelum ada pandemi, keseruan momen bagi-bagi THR ini biasanya dimeriahkan oleh pembagian secara teratur, kadang sambil berbaris, lalu uang THR tersebut dibagikan dengan dibungkus amplop menggemaskan. Pokoknya serba niat.

Lalu, setelah ada pandemi, jangankan membagikan THR, bersalaman saja harus diminimalisir agar tetap terjaga kesehatan dari sentuhan orang lain. Maka, tak heran jika tradisi THR ini jadi beralih secara digital.

Kira-kira aplikasi apa saja yang seru untuk dijadikan sarana bagi-bagi THR? Berikut rekomendasi dari Uzone.

1. Dana
Dompet digital Dana selama ini dianggap memudahkan pengguna karena semua aktivitas pembayaran dan transfer uang terintegrasi dalam satu aplikasi saja.

Tak perlu uang fisik, aplikasi Dana bisa digunakan untuk mengirim uang secara virtual ke sesama pengguna Dana, ataupun ke rekening bank lain.

2. Jenius
Sebagai aplikasi perbankan, Jenius termasuk aplikasi kekinian yang memiliki banyak promo dan cara unik dalam berkirim uang. Jika kebetulan mau transfer ke sesama pengguna Jenius, prosesnya praktis karena tinggal masukan cashtag lalu ketik nominalnya. Jadi gak perlu ribet pakai nomor telepon atau nomor rekening yang njelimet.

3. Gopay di Gojek
Layanan Gopay di Gojek juga bisa dijadikan layanan untuk bagi-bagi THR, supaya si penerima bisa langsung menggunakannya buat memesan makanan atau kebutuhan lainnya.

Jika kebetulan kalian menjadi orang yang mendapatkan THR, bisa manfaatkan fitur Chat untuk meminta request nominal Gopay beserta keterangannya.

4. LinkAja
Aplikasi LinkAja bisa digunakan untuk merasakan suasana berbeda dalam bagi-bagi THR, karena uang yang terkirim bisa saja digunakan untuk belanja menggunakan QR Code, sampai membayar kebutuhan lain yang tersedia di opsi aplikasi.

5. Ovo
Sama halnya seperti dompet digital lain, Ovo juga bisa jadi alternatif untuk mengirim THR ke saudara dan keluarga. Enaknya, aplikasi ini terintegrasi langsung ke dua layanan besar seperti Grab dan e-commerce Tokopedia, sehingga uang THR-nya bisa langsung digunakan si penerima buat jajan.