Terus Saingi Google, TikTok Uji Coba Fitur Pencarian Baru

Uzone.id – TikTok terus mengembangkan platfom mereka. Baru-baru ini, TikTok tampaknya tengah menguji coba fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat melakukan pencarian lokasi pada aplikasi tersebut.
Kabarnya, inovasi ini merupakan bentuk ambisi TikTok untuk menyaingi Google. Ambisi ini didukung dengan tren di mana platform media sosial yang menyediakan ruang untuk berbagi momen lewat video pendek kini telah menjadi tempat untuk melakukan pencarian tempat, terutama di kalangan Gen Z.
Jadi, pada beberapa akun yang mendapat akses untuk mencoba fitur baru tersebut, terlihat jika Tiktok akan menampilkan ulasan untuk sebuah tempat atau lokasi tertentu, langsung di bagian komentar video.
Pengguna dapat melihat tab “Ulasan” yang akan muncul di sisi kanan setelah mereka mengklik untuk melihat komentar video. Pada “Ulasan” pengguna dapat melihat peringkat tempat tersebut, ulasan tertulis, dan foto unggahan yang terkait dengan tempat atau lokasi tersebut.
Nggak cuma itu aja, pengguna juga bisa mengklik nama pengguna yang menuliskan ulasan untuk kemudian mengunjungi profil TikTok mereka. Jadi, nggak perlu lagi repot buka aplikasi lain saat harus melakukan pencarian tempat, TikTok akan mempermudah segalanya.
Sayangnya, belum ada informasi kapan fitur ini tersedia secara luas atau apakah perusahaan benar-benar akan merilis fitur tersebut.
Hal ini didorong dengan meningkatnya tren di mana media sosial kini menjadi tempat pertama yang dituju oleh pengguna—yang lebih muda—untuk menemukan sesuatu. Dari hasil survei yang telah dilakukan Google, kini pengguna lebih tertarik pada bentuk pencarian yang lebih “kaya” secara visual.
Terbaru, di tahun 2024 kemarin, TikTok turut mengizinkan pengiklan untuk menargetkan halaman hasil pencarian melalui “Kampanye Iklan Pencarian TikTok”. Kampanye tersebut merupakan solusi pencarian berbasis kata kunci untuk menampilkan iklan merek dalam hasil pencarian.
Inovasi tersebut juga berhasil menciptakan tantangan baru untuk Google. Dengan kemampuan baru ini, TikTok mengatakan bahwa merek akan dapat menjangkau pengguna saat mereka secara aktif menjelajahi konten.
Di sisi lain, merek yang memasang iklan di TikTok dapat menyesuaikan iklan mereka dengan berbagai perilaku pencarian pengguna TikTok untuk memaksimalkan dampak iklan mereka.