Telco

Telkomsel Enterprise Dorong Transformasi Digital Lewat 5G dan Solusi Bisnis

Hani Nur Fajrina
Telkomsel Enterprise Dorong Transformasi Digital Lewat 5G dan Solusi Bisnis

Uzone.id – Telkomsel kembali menegaskan komitmennya dalam mendorong transformasi digital Indonesia, kali ini lewat kampanye terbaru bertajuk #PastiAdaSolusi “Jadi Lebih Berdampak”. Kampanye ini dijalankan oleh Telkomsel Enterprise sebagai unit yang fokus pada solusi digital untuk sektor korporasi, pemerintahan, hingga UMKM.

Dengan dukungan jaringan 5G yang terus meluas, Telkomsel ingin menjadi enabler digital yang tak hanya membantu efisiensi operasional, tetapi juga berdampak pada masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan.

Dalam kampanye ini, Telkomsel menggandeng sejumlah mitra dari sektor berbeda, seperti Allo Bank, PTPN IV, hingga Dinas Pariwisata Sumatera Barat. Kolaborasi ini menjadi bukti nyata bahwa solusi digital berbasis 5G dan teknologi lainnya bisa menjawab tantangan spesifik di masing-masing sektor.





Dengan mengandalkan solusi DigiAds dari Telkomsel, Allo Bank berhasil menjalankan kampanye digital yang 6 kali lebih efektif. Pesan layanan keuangan yang ditawarkan jadi lebih tepat sasaran dan berhasil menjangkau segmen masyarakat unbanked yang sebelumnya sulit disentuh.

Efeknya bukan hanya pada efisiensi biaya promosi, tapi juga mendukung inklusi keuangan yang lebih luas di tengah masyarakat digital saat ini.

“Sebagai bank digital di Indonesia, kami tahu persaingannya seperti apa dan ketika kami masuk ke pasar ini, kami harus betul-betul cermat dalam membidik target pengguna – dalam hal ini anak-anak muda. Dengan solusi DigiAds dari Telkomsel ini, kami perlahan dapat memberikan kampanye, marketing, dan fungsi-fungsi di dalam aplikasi sesuai kebutuhan mereka,” ungkap Direktur Digital Allo Bank, Sajal Bhatnagar dalam acara Telkomsel Enterprise yang digelar di Jakarta, Kamis sore (24/7).

VP Digital Advertising, Wholesale and Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya turut menambahkan, DigiAds dari Telkomsel memang mampu memberikan kemampuan menangkap target audiens atau pengguna secara presisi.


Foto: Uzone.id
Foto: Uzone.id


“Kapabilitas targeting kami sangat efektif berdasarkan database yang luas terkait data device dan juga behavior pengguna. Implementasi iklan yang ingin dijalankan pun jadi efektif,” imbuh Arief.

Sektor agribisnis pun tak luput dari dukungan teknologi Telkomsel. Melalui solusi IoT INTANK, PTPN IV kini mampu memantau logistik tangki secara real-time. Hasilnya, risiko operasional menurun dan pelaporan ESG (Environmental, Social, Governance) bisa dilakukan secara transparan dan akurat.

Langkah ini memperlihatkan bagaimana teknologi bisa menjembatani praktik agribisnis konvensional menuju operasional yang lebih modern dan ramah lingkungan.

Sementara di sektor pariwisata, Telkomsel membantu Dinas Pariwisata Sumatera Barat dengan solusi MSIGHT. Teknologi ini memungkinkan analisis data pergerakan wisatawan secara real-time dan akurat.



Dampaknya langsung terasa – jumlah kunjungan wisatawan meningkat hingga 30 persen. Ini membuka peluang baru bagi destinasi lokal untuk berkembang lebih merata, dan tentu saja lebih berkelanjutan.

“Digitalisasi di sektor pariwisata memang sangat berdampak positif. Dulu saya punya tim kreatif sendiri, jadi uniknya untuk menyesuaikan ke arah digitalisasi tidak terlalu ruwet, namun tetap membutuhkan dukungan teknologi mumpuni agar strategi kami dalam mempromosikan wisata tepat sasaran,” cerita Luhur Budianda selaku Kepala Dinas Pariwisata Sumatra Barat di tempat yang sama.

Ia melanjutkan, “dengan solusi seperti MSIGHT, kita jadi tahu, ternyata wisatawan terbanyak di Sumbar itu dari tetangga, yakni Riau. wisatawan dari Jakarta dan Jabodetabek justru nomor empat dan lima. Jadi ya, sekarang kita fokus promosi ke Riau hingga kolaborasi dengan content creator lokal sana.”



Hal yang sama juga diutarakan VP Data Solutions and Digital Financial Service Telkomsel, Alfian Manullang. Pada dasarnya teknologi Mobile Positioning Data (MPD) yang diterapkan Telkomsel diklaim menjadi acuan best practice untuk wilayah Asia Pasifik.

“Teknologi MPD ini dapat menganalisis dan memvisualisasikan pergerakan manusia hingga kepadatan area. Dari analitik MPD, dinas pariwisata bisa melihat total trip, total visit, hingga daerah asal wisatawan dan jumlah yang berkunjung ke wilayah-wilayah tertentu. Kami juga menyajikan data akurat tentang monthly visit hingga berapa lama wisatawan berkunjung,” terang Alfian.

Sebagai kelanjutan dari kampanye ini, Telkomsel akan menggelar Telkomsel Solution Day 2025 di Jakarta pada 21 Agustus 2025. Acara ini bakal mempertemukan pelaku industri, mitra teknologi, hingga pemangku kepentingan dari berbagai sektor.

Tujuannya untuk erumuskan langkah konkret untuk mempercepat transformasi digital Indonesia yang lebih inklusif, kolaboratif, dan berorientasi ESG.

Dengan kombinasi teknologi seperti IoT, analitik data, jaringan 5G, dan pemahaman kebutuhan bisnis di lapangan, Telkomsel ingin menghadirkan solusi digital yang tidak hanya canggih, tapi juga bermakna.