Startup

Strategi Ala Sakoo Agar Bisnis Kuliner Eksis Terus Selama Ramadan

By Siti Sarifah

Uzone.id - Masyarakat Indonesia memiliki berbagai macam tradisi selama Bulan Ramadhan. Selama Ramadan, banyak toko-toko yang menyediakan berbagai makanan khas, termasuk manisan buah-buahan, kurma, tempat lilin kecil, dan makanan pelengkap khusus lainnya yang dapat menemani kita sepanjang bulan.

Sayangnya, tidak sedikit bisnis kuliner yang terdampak sehingga mengalami penurunan penjualan karena adanya pola perilaku masyarakat yang mengalami perubahan di masa pandemi covid-19 ini. Perubahan yang signifikan terjadi pada berbagai macam pola perilaku mulai dari pola konsumsi hingga pola berbelanja masyarakat. Saat ini, lebih banyak transaksi jual beli yang dilakukan secara online dengan mengedepankan sanitasi dan kebersihan khususnya pada produk konsumsi.

Berikut ini terdapat beberapa strategi untuk bisnis kuliner yang Uzone.id kutip dari laman platform Sakoo:

Ketahui waktu efektif dalam berjualan
Karena mayoritas masyarakat akan menunaikan ibadah puasa, maka kita perlu atur strategi untuk jadwal penjualan produk kuliner dengan menyesuaikan perilaku konsumen, agar nantinya kita bisa mengelola penjualan secara efektif. Kita perlu menyesuaikan jadwal penjualan dengan tingkat traffic atau keramaian pada bulan Ramadhan. Kita bisa berjualan pada jam-jam sahur, kemudian kita bisa melanjutkan aktivitas jualan kamu pada jam-jam menjelang berbuka puasa seperti jam 3 sore hingga setelah buka puasa.

Sediakan menu bundling atau paket hemat
Dengan menyediakan promosi menu bundling atau paket hemat, hal tersebut akan meningkatkan daya tarik produk lho! Pelanggan juga akan cenderung berbelanja lebih banyak dari toko kita serta akan mempermudah pelanggan karena tidak perlu lagi melakukan pembelian pada produk yang terpisah. Kita bisa mencoba untuk mengadakan berbagai menu bundling atau paket hemat yang menarik seperti paket hemat berbuka, menu bundling sahur, dan lain sebagainya.

Perluas kesadaran akan merk dan tingkatkan engagement kepada pelanggan
Dalam kondisi seperti ini, pemasaran merupakan hal yang krusial dalam membantu kita bertahan di tengah pandemi. Dengan mengikuti tren dan memenuhi perubahan pola berbelanja masyarakat, kita bisa perluas kesadaran akan merk melalui mulai beralih untuk membuat toko online baik website, marketplace, maupun toko di sosial media. Selain itu, kita juga bisa memastikan kebersihan pengelolaan bisnis kuliner, maka tentunya nanti akan berdampak pada meningkatnya kepercayaan pelanggan dan penjualan juga akan maksimal. Agar pelanggan tetap loyal membeli produk, pastikan juga agar kita tetap menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan ya.

Di Sakoo, kita bisa kelola semua toko online hanya dengan 1 platform, mulai dari upload produk, update transaksi, kelola data pelanggan untuk melakukan promosi melalui WA dan SMS Broadcast, hingga pengadaan kurir pribadi dengan sistem Cash on Delivery (COD). Coba sekarang di Sakoo.