Automotive

Spesifikasi Kawasaki KX85 dan KX112: Mesin 2-Tak Berteknologi KIPS

Brian Priambudi
Spesifikasi Kawasaki KX85 dan KX112: Mesin 2-Tak Berteknologi KIPS

Uzone.id - Kawasaki baru saja meluncurkan KX85 dan KX112 yang merupakan motor trail kompetisi. Karena dibuat untuk kompetisi, membuat motor ini tidak legal digunakan di jalan raya mengingat tidak terdapat lampu dan spion sebagai alat penunjang berkendara di tempat umum.

Motor ini dibanderol cukup mahal yakni, Kawasaki KX85 dijual dengan harga Rp66,3 juta off the road Jakarta. Kemudian untuk Kawasaki KX112 dibanderol sedikit lebih mahal yakni Rp69,3 juta untuk off the road Jakarta.

Kira-kira spesifikasi seperti apa yang ditawarkan pada motor di atas Rp50 juta tersebut?

Pada Kawasaki KX85 mengandalkan mesin 2-tak, 1-silinder, yang dibantu dengan Kawasaki Integrated Power Valve System (KIPS). Mesin ini menggunakan piston berukuran 48,5 mm dengan langkah 45,8 mm, sayangnya tidak disebutkan tenaga yang dihasilkan dari mesin 2-tak tersebut.

Sementara untuk sistem bahan bakarnya masih menggunakan karburator dari Keihin PWK28 yang dibantu dengan pengapian Digital-CDI. Tenaga dari hasil pembakaran pun disambut dengan transmisi kopling manual 6-percepatan untuk disalurkan ke roda belakang.

Dari segi kaki-kaki, Kawasaki KX85 dibekali dengan suspensi upside down 36 mm di depan yang dapat disetel kompresinya. Sementara suspensi belakang menggunakan Uni Trak yang dapat disetel dari segi kopmpresi, rebound damping, dan preload.

Suspensi di atas dipadukan dengan roda berukuran 70/100-R19 di depan dan 90/100-R16 di belakang. Kedua roda itu juga dibantu sistem pengereman disc brake 220 mm dengan kaliper dua piston di depan dan 184 mm dengan kaliper satu piston di belakang.

Secara dimensi Kawasaki KX85 terbilang cukup kecil dengan panjang 1.910 mm, lebar 765 mm, tinggi 1.145 mm, dan poros roda 1.310 mm. Jarak paling rendah ke tanahnya sangat tinggi yakni 325 mm dengan tinggi jok 865 mm.

Secara bobot juga motor kompetisi garuk tanah ini cukup ringan yakni hanya 77 kg dalam kondisi terisi oli. Sementara kapasitas bensinnya sendiri mencapai 5 liter.

Beralih ke Kawasaki KX112, motor ini memiliki spesifikasi yang sebenarnya cukup mirip dengan KX85.

Perbedaan hanya terdapat di bagian mesin, karena memiliki kapasitas yang lebih besar membuat pistonnya juga lebih besar yakni mencapai 52,5 mm. Sementara untuk langkahnya juga lebih panjang yakni mencapai 51,6 mm.

Sisanya dari segi konstruksi, suspensi, pengereman, dimensi, hingga bobot, antara Kawasaki KX85 dan KX112 masih sama.

Berikut detil spesifikasi Kawasaki KX85

Jenis Mesin Liquid-cooled, 2-stroke Single with KIPS
Volume Silinder 84 cc
Diameter x Langkah 48.5 x 45.8 mm
Perbandingan Kompresi 10.9:1 (low speed), 9.0:1 (high speed)
Sistem Katup Piston reed valve
Sistem Suplai Bahan Bakar Carburettor: Keihin PWK28
Sistem Pengapian Digital-CDI
Start Primary kick
Transmission 6-speed, return
Primary Reduction Ratio 3.400 (68/20)
Final Reduction Ratio 3.923 (51/13)
Kopling Wet multi-disc, manual
System Final Drive Type Chain
Tipe Rangka Perimeter, high-tensile steel
Suspensi Depan ø36 mm inverted fork with adjustable compression damping
Suspensi Belakang Uni Trak with adjustable compression and rebound damping and adjustable spring preload
Wheel Travel Depan 275 mm
Wheel Travel Belakang 275 mm
Sudut Putar / Trail 29.0° / 108 mm
Roda Depan 70/100-19 42M
Roda Belakang 90/100-16 51M
Rem Depan ø220 mm petal disc
Kaliper Depan Dual-piston
Rem Belakang ø184 mm petal disc
Kaliper Belakang Single-piston
Panjang x Lebar x Tinggi 1,910 x 765 x 1,145 mm
Jarak poros roda 1,310 mm
Jarak ke Tanah 325 mm
Tinggi Tempat Duduk 865 mm
Berat** 77.0 kg
Berat Kosong 73.3 kg
Kapasitas Bensin 5.0 litres

Detil spesifikasi Kawasaki KX112

Jenis Mesin Liquid-cooled, 2-stroke Single with KIPS
Volume Silinder 112 cc
Diameter x Langkah 52.5 x 51,6 mm
Perbandingan Kompresi 9.9:1 (low speed), 8.6:1 (high speed)
Sistem Katup Piston reed valve
Sistem Suplai Bahan Bakar Carburettor: Keihin PWK28
Sistem Pengapian Digital-CDI
Start Primary kick
Transmission 6-speed, return
Primary Reduction Ratio 3.400 (68/20)
Final Reduction Ratio 3.923 (51/13)
Kopling Wet multi-disc, manual
System Final Drive Type Chain
Tipe Rangka Perimeter, high-tensile steel
Suspensi Depan ø36 mm inverted fork with adjustable compression damping
Suspensi Belakang Uni Trak with adjustable compression and rebound damping and adjustable spring preload
Wheel Travel Depan 275 mm
Wheel Travel Belakang 275 mm
Sudut Putar / Trail 29.0° / 108 mm
Roda Depan 70/100-19 42M
Roda Belakang 90/100-16 51M
Rem Depan ø220 mm petal disc
Kaliper Depan Dual-piston
Rem Belakang ø184 mm petal disc
Kaliper Belakang Single-piston
Panjang x Lebar x Tinggi 1,910 x 765 x 1,145 mm
Jarak poros roda 1,310 mm
Jarak ke Tanah 325 mm
Tinggi Tempat Duduk 865 mm
Berat** 77.0 kg
Berat Kosong 73.3 kg
Kapasitas Bensin 5.0 litres