Smartfren Hadirkan Sarah, Asisten AI yang Siap Layani 24/7
Uzone.id – Smartfren punya wajah baru di lini layanan pelanggan mereka. Namanya Sarah, ia bukan CS manusia, tapi asisten virtual berbasis Generative AI yang dirancang khusus untuk menjawab kebutuhan pelanggan dengan cara yang lebih cepat, aktif, dan personal.
Sarah resmi diperkenalkan oleh PT XLSMART Telekom Sejahtera (XLSMART) hari ini, Selasa (8/7) sebagai bagian dari transformasi digital layanan Smartfren Care. Tak cuma sekadar chatbot, Sarah disebut sebagai teman digital yang bisa diandalkan kapan pun dibutuhkan.
Dari penjelasan Division Customer Success Smartfren, Rochelle Camamosa, Sarah memiliki kepanjangan “Smartfren, cAre, Responsive, Active, & Helpful” dan hadir untuk menjawab pertanyaan para pelanggan seputar layanan Smartfren.
“Karena berbasis Generative AI, Sarah hadir sebagai teman digital kalian dengan interaksi yang persis seperti manusia, tidak robotik. Dari sekitar 120 ribu case pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan, 55 persennya sudah pas dengan Sarah dan tidak berlanjut ke customer serivce manusia,” ungkap Rochelle di acara peluncuran di kantor XLSmart, Jakarta Pusat, Selasa (8/7).
Sarah dikembangkan untuk bisa membantu pelanggan menyelesaikan banyak hal. Mulai dari cek kuota, info tagihan, pembelian paket internet, hingga promo terbaru—semua bisa dilakukan lewat percakapan dan siap sedia 24/7.
Artinya, tak perlu lagi menunggu jam operasional atau antre untuk dapat bantuan.
Berikut secara rinci informasi yang dapat diberikan Sarah:
Info layanan
- Detail layanan yang sedang aktif
- Cara aktivasi paket
- Cara berhenti berlangganan
- Rincian fitur & transaksi layanan
Info paket & produk
- Produk prabayar dan pascabayar
- Info harga & fitur antar paket
Informasi akun
- Nomor & profil pengguna
- Info pulsa dan kuota
- Riwayat transaksi
- Tagihan & pembayaran (khusus pascabayar)
Promo terbaru
- Informasi paket dan promo terkini
Sarah dapat diakses melalui aplikasi MySmartfren, situs resmi Smartfren, dan channel WhatsApp di nomor 08881212888.
Ke depannya, Rochelle mengatakan layanan AI Sarah akan hadir di beberapa channel Smartfren lainnya.
“Dengan layanan ini, pengguna Smartfren bisa mendapatkan informasi dan bantuan secara lebih cepat dan efisien, langsung dari genggaman tangan mereka. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan pengalaman digital yang lebih baik, seiring dengan upaya kami membangun ekosistem layanan digital yang modern, responsif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini,” ujar Direktur & Chief Commercial Officer XLSMART David Arcelus Oses.
Peluncuran Sarah ini juga didukung infrastruktur jaringan yang cukup solid. Menurut keterangan resmi, saat ini jaringan Smartfren diperkuat dengan lebih dari 200 ribu BTS (mayoritas sudah 4G), ditambah jaringan fiber optik yang menjangkau berbagai wilayah dan kepulauan di Indonesia.