Sensasi Ngegas Yamaha Aerox Alpha di Jalur Seribu Tikungan

Kami berangkat dari Yamaha Flagship Shop Bandung dengan menggunakan Aerox Alpha Cybercity terlebih dahulu. Meskipun belum dilengkapi "Turbo" tetapi cukup menarik untuk merasakan motor ini di jalur perkotaan.
Dengan setang yang lebih kaku, ternyata mengoperasikannya di dalam kota yang penuh kemacetan tidak terlalu berbeda dari motor matic pada umumnya. Setang masih bisa dikendalikan dengan mudah untuk selap-selip di kemacetan di antara mobil-mobil.
Usai melintasi Soreang, barulah Yamaha Aerox Alpha Cybercity ini disiksa di jalur pegunungan. Secara handling, motor ini terbilang masih oke untuk dipakai di jalan raya. Dari segi tenaga, Yamaha Aerox Alpha Cybercity yang belum dilengkapi "Turbo" ini cukup lama untuk mengisi tenaga di jalur yang menanjak.
Perlu effort lebih untuk memutar throttle agar mendapatkan tenaga yang diinginkan. Setidaknya varian ini perlu menunggu VVA untuk menyala agar bisa melesat dengan cepat.

Kami pun berkesempatan untuk mencicipi Yamaha Aerox Alpha "Turbo" Ultimate. Varian ini bukan hanya dilengkapi YECVT, tetapi juga dilengkapi steering damper.
Begitu ngegas pakai varian "Turbo" Ultimate ini, barulah tenaga benar-benar bisa dirasakan saat lintasan menanjak. YECVT membantu meningkatkan putaran mesin lewat mode berkendara S-Mode. Menariknya saat jalan terlalu curam, Y-Shift sangat membantu untuk mempercepat akselerasi sehingga motor tetap bisa diajak bersenang-senang.
Sedangkan di jalan yang menurun, Y-Shift lagi-lagi menjalankan perannya untuk deselerasi melalui engine brake. Dengan fitur ini, kecepatan motor lebih mudah dikendalikan, bahkan di jalan menurun yang cukup landai tak perlu lagi mengoperasikan tuas rem.
Ditambah lagi, varian Yamaha Aerox Alpha "Turbo" Ultimate ini dilengkapi performance damper. Komponen ini membantu motor menjadi lebih rigid dibandingkan varian lainnya. Sehingga memberikan stabilitas yang lebih tinggi yang berdampak langsung untuk manuver yang lebih mudah.
Benar saja, Yamaha Aerox Alpha "Turbo" Ultimate ini benar-benar bisa diandalkan untuk menikung dengan kecepatan yang tinggi. Bahkan di kondisi hujan sekalipun, varian ini membuat penggunanya merasa pede untuk melahap tikungan dengan cepat.
Sebagai informasi, Yamaha Aerox ALpha menggunakan mesin 155 cc, 1-silinder, 4-katup, SOHC, berpendingin udara. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sekitar 15,4 dk dan torsi 14,2 Nm.
Soal harga, Yamaha Aerox Alpha ditawarkan dalam empat varian dan harga, Standard Rp 29.900.000 (silver yellow, matte blue, red, dan black), lanjut Cybercity Rp 33.990.000 (cybercity dan matte blue yellow), Turbo Rp 39.550.000 (matte dark grey), dan Turbo Ultimate Rp 41.730.000 (matte dark grey).