Ramadan Lyfe

Riset: 63 Persen Orang Pilih Donasi Online saat Ramadan

By Birgitta Ajeng

Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Pandemi COVID-19 turut mendorong pemanfaatkan uang digital yang lebih luas. Selain digunakan untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, uang digital juga dipakai untuk hal-hal yang lebih spesifik, seperti berdonasi dan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) saat Ramadan.

Hal ini juga sejalan dengan hasil riset platform survei online, Jakpat. Head of Research Jakpat, Aska Primardi menyatakan bahwa sebanyak 97 persen responden memprioritaskan kegiatan berdonasi di bulan Ramadan.

Ketika ditanya lebih jauh, donasi yang lebih diminati para responden adalah donasi secara online.

“Persentasenya mencapai 63 persen dibandingkan offline sebanyak 37 persen. Karena ini kan juga menjadi bagian dari rukun Islam, berzakat yang juga masuk di bulan Ramadan,” ujar Aska dalam konferensi pers peluncuran ShopeePay Big Ramadan Deals, Senin (26/4).

Baca juga: Bayar Zakat Secara Digital via Aplikasi, Sah atau Gak?

Mayoritas responden (94 persen) tertarik berdonasi menggunakan uang digital. Selain itu, ada hal menarik mengenai tradisi pembagian THR untuk sanak saudara.

Hasil riset mengungkapkan bahwa ada ketertarikan tinggi dari masyarakat untuk menggunakan uang digital untuk kebutuhan membagikan THR ke sanak saudara.

"Ya bisa dibayangkan kan sekarang tidak bisa bertemu secara tatap muka, tapi bagaimana dengan aspirate untuk berbagi bersama. Jadi digital THR ini juga menjadi sebuah solusi," tutur Aska.

Baca juga:BAZNAS Targetkan Zakat Rp503 M, 30 Persen dari Transaksi Digital

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa transfer uang digital terpilih sebagai metode pembagian THR untuk sanak saudara yang paling mudah, aman, dan nyaman, khususnya di masa pandemi COVID-19.

“Jadi dari beberapa informasi ini semakin memperlihatkan bagaimana uang digital telah menjadi bagian penting dari gaya hidup masyarakat Indonesia, mulai dari kebutuhan belanja sehari-hari, kebutuhan yang lebih spesifik, seperti berdonasi, bahkan sampai pembagian THR ke sanak saudara,” ungkap Aska.

VIDEO:Unboxing POCO X3 Pro Seharga Rp3,9 Juta