Gadget

Review Oppo Reno5 Marvel Edition, Berasa Anggota Avengers

By Siti Sarifah

Uzone.id -Bagi para penggemar Marvel, Oppo Reno5 dengan desain limited edition ini layak untuk dikoleksi. Bagaimana tidak. Mulai dari kemasan sampai desain ikon aplikasi di layarnya semua bertemakan pahlawan Marvel. Mulai dari Iron Man Tony Stark sampai Black Widow Natasha Romanov menghiasi Oppo Reno5 Marvel Edition.

Untuk menjawab rasa penasaran konsumen terutama penggemar Marvel, OPPO membuka gerai sementara Reno5 Marvel Edition di Plaza Indonesia. Pada gerai sementara Reno5 Marvel Edition, pengunjung dapat membeli secara langsung perangkat ini. Namun, untuk membeli perangkat ini tetap menggunakan kode undangan.

20210329_133848

Nah, sebelum membeli, lihat-lihat dulu dalemannya Oppo Reno5 Marvel Edition yang keren dan collectible ini.

Desain
Dari kemasan sudah terlihat aroma Marvel. Kotak hitam, lengkap dengan logo Avengers. Di dalamnya juga ada casing merah dengan sentuhan Avengers. Sedangkan smartphone-nya sudah terasa karakter Marvel hanya dengan melihat bodi belakang. Desainnya bisa dibilang cukup futuristik, khas Marvel. Logo Avengers di tengah dengan background hitam, list silver di kedua sisinya, dengan sentuhan sedikit merah. Tulisan Marvel untuk mempertegas kerja sama dengan Oppo terletak bersebelahan dengan empat kamera di bodi belakang.

Semua tombol, mulai dari tombol on/off sampai volume dihiasi dengan warna merah. Pokoknya, futuristik banget deh. Ukurannya pun pas dalam genggaman. Beratnya juga hanya 171 gram, tergolong ringan di kelasnya. Ditambah tak terlalu tebal namun kesan kokohnya sangat terasa.

Oppo mengemas Reno5 Marvel Edition secara spesial. Pada bagian penampang belakang, Oppo mendesain perangkat ini dengan mengabungkan berbagai karakter dan elemen dari seri Marvel Avengers ke setiap aspek perangkat untuk menciptakan sebuah item koleksi bagi fans Marvel. Perpaduan warna hitam, abu–abu, perak dan merah memberikan kesan perangkat yang memiliki teknologi tinggi yang terinspirasi dari teknologi superhero Marvel. Pada bagian tengah, terdapat logo Avengers dan elemen perisai dari Captain America. Desain “X” pada bagian belakang dibuat berdasarkan logo dari Black Widow, sementara struktur sarang lebah terinspirasi dari pakaian yang dikenakan pada seri Avengers: Endgame.

20210329_102939

Layar
Layarnya cukup terang dan tidak menghilang saat terpapar cahaya matahari, walau syaratnya hanya dengan menaikkan kecerahan di atas 50 persen. Mungkin kecerahan layar ini didapat berkat teknologi AMOLED FHD+ dengan resolusi 2400 x 1800. Ditambah ukurannya layarnya yang bisa dibilang lebar karena berukuran standar layaknya smartphone menengah pada umumnya, yakni 6,4 inci.

Saat layar dimainkan, perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain, atau dari window satu ke window lainnya cukup smooth. Ini berkat refresh rate yang diusung, yang mencapai 90Hz. Ikon-ikon yang ada di dalam layar pun bikin enak dilihat. Warna-warni khas Avengers, yakni merah dan silver mewarnai ikon aplikasi di dalamnya. Mulai dari ikon kamera, SMS, sampai telepon pun dibuat futuristik.

Jangan lupa ada sebuah kamera selfie di ujung kiri atas. Resolusi kamera depan juga cukup menjanjikan, yakni sebesar 44MP. Layar depan tak hanya mampu membuat tampilan layar yang mencengangkan, tapi juga ada sensor fingerprint tersembunyi di dalam layar. Artinya, untuk membuat dan mengunci layar, tinggal sentuh layar, setelah sebelumnya dilakukan pengaturan sidik jari terlebih dahulu. Oia, Marvel Edition ini mengadopsi teknologi hidden fingerprint 3.0. Membuat layar tak sampai hitungan detik.

Kamera
Selain kamera selfie, ada empat kamera lagi yang ada di bodi belakang. Kamera-kamera tersebut memiliki fungsi masing-masing sehingga resolusinya pun berbeda juga. Lensa utama biasanya digunakan untuk ultra-wide angle. Resolusi yang diusung lensa utama sekitar 64MP, sedangkan kamera wide-angle beresolusi 8MP. Dua kamera lainnya masing-masing beresolusi sama, yakni 2MP namun berbeda fungsi. Satu berfungsi sebagai kamera macro dan lainnya untuk Mono.

IMG20210328124059

Hasil kamera wide angle cukup mengesankan karena mampu menangkap gambar dengan detil walau banyak obyek dalam satu frame. Namun yang paling menakjubkan adalah lensa kamera makro yang diusung Oppo Reno5 Marvel Edition ini. Berikut hasil jepretan dari kamera-kamera tersebut.

Kamera di perangkat ini juga bisa menangkap obyek di malam hari. Ini artinya, bisa juga diandalkan saat kondisi kurang cahaya. Kuncinya hanya dari pegangan. Saat membidik di malam hari, pastikan perangkat stabil atau tidak goyang. Proses pengambilan gambar pun akan memakan waktu kurang lebih 8 detik untuk mengumpulkan pencitraan yang stabil. Bisa memotret juga dengan menggunakan mode ultra-gelap.

IMG20210328132908

Untuk video, sudah tidak asing lagi jika Oppo memiliki mode ultra-stabil yang memungkinkan penggunanya merekam video tanpa bantuan alat penstabil gambar. Ada juga bantuan AI untuk merekam video, namun sayang tidak bisa digunakan dua-duanya sekaligus. Artinya, saat mode AI digunakan maka penstabil video akan non-aktif, begitu sebaliknya. Jangan lupa ada mode Pro untuk video. Format video adalah MP4. Dengan durasi 8 detik, ukuran file-nya mencapai 22 MB.

IMG20210328134633

Oia, ada juga fitur baru di kamera, yakni dual view video. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna dimungkinkan untuk mengaktifkan dua kamera sekaligus, depan dan belakang. Belum lagi Mix Portrait. Di sini pengguna bisa menghasilkan video dengan dua eksposur sekaligus menjadi satu. Caranya adalah dengan merekam video portrait dan mixed portrait. Satu merekam video scene, satunya lagi memfoto objek lain. Lalu dicampur menjadi satu.

IMG20210328134811

Performa

Sistem operasi menjadi bagian yang tidak lepas dari kustomisasi tema Marvel, pada jendela kunci layar terdapat logo yang melambangkan pakaian Avengers Quantum. Sementara untuk wallpaper kunci layar, Oppo menyediakan 6 karakter yang dapat digunakan mulai dari Iron-Man, Hulk, Black Widow, Thor hingga Hawkeye. Detail juga terdapat pada kustomisasi ikon utama dimana ikon telefon berdasarkan logo dan senjata sabuk dari direkur S.H.I.E.L.D, Nick Furry. Ikon kamera yang menjadi perlambang dari reaktor Iron-Man. Sementara ikon perpesanan melambangkan desain perisai yang digunakan Kapten America dan ikon browser yang menggambarkan pakaian yang dikenakan Vision.

Di antara banyak fitur luar biasa yang dihadirkan, pengisian daya 65W SuperVOOC 2.0 yang sangat cepat merupakan fitur yang akan mengubah kebiasaan pengguna smartphone. Teknologi ini dapat mengisi perangkat hingga 100 persen dalam waktu 35 menit. Baterai 4300mAh memungkinkan penggunaan perangkat sepanjang hari, bahkan untuk pengguna yang memiliki banyak aktivitas.

Oppo Reno5 5G juga menawarkan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Bersama dengan prosesor fabrikasi 7nm Qualcomm Snapdragon 765G 5G, ponsel cerdas ini menghadirkan kinerja yang cepat dengan konsumsi daya seimbang.

Oppo adalah smartphone pertama yang dilengkapi dengan ColorOS 11.1. Pengguna Oppo Reno5 dapat mendesain tampilan Always on Display dan Dark Mode dengan berbagai pilihan tingkat kegelapan. Fitur inovatif lainnya seperti Flexdrop dan Three Finger Translate with Google Lens dapat meningkatkan produktivitas pengguna secara signifikan. Pada saat yang sama, Gaming Shortcut Mode, Gamer Mode, Bullet Screen Messages, dan Adjustable Gaming Touch menciptakan lingkungan dan pengalaman baru dalam bermain game. Selain itu, metode enkripsi terdepan di industri pada ColorOS11.1 telah disertifikasi oleh organisasi pihak ketiga, termasuk ISO, ePrivacy, dan TrustArc, guna memastikan informasi pribadi pengguna selalu disimpan dan ditransfer dengan aman.