One Day One Review

Rekomendasi Aplikasi Pendukung Ibadah Selama Puasa

By Vina Insyani

(Ilustrasi foto:Masjid Pogung Dalangan/Unsplash)

Uzone.id -- Teknologi di era digital kini dapat dimanfaatkan untuk mendukung manusia dalam melakukan banyak hal, tak terkecuali dalam menjalankan ibadah. Apalagi di bulan puasa saat umat Muslim di seluruh dunia menabung kebaikan untuk meningkatkan keimanan mereka.

Salah satu yang sangat membantu adalah kehadiran aplikasi digital yang dapat membantu pengguna yang ingin beribadah, seperti aplikasi jadwal salat, jadwal imsakiyah dan buka puasa, hingga aplikasi berisi doa-doa.

Berikut beberapa aplikasi yang dapat membantu Muslim untuk melakukan ibadah di bulan Ramadan.

1. Romadon
Aplikasi yang tersedia hanya di iOS ini menyediakan jadwal lengkap salat 5 waktu setiap hari, ada juga jadwal lengkap untuk memberitahu waktu imsak sesuai dengan lokasi pengguna. Ada pula panduan arah kiblat yang sangat membantu menemukan arah yang benar ketika akan salat.

2. Shalat Indonesia
Aplikasi yang juga berfungsi untuk menunjukkan jadwal salat dan waktu imsakiyah dari seluruh wilayah Indonesia. Ada juga fitur baca Al-Qur’an yang dibutuhkan umat Muslim.

Tersedia di Android dan iOS, aplikasi ini juga dapat menentukan arah kiblat, menyalakan fitur alarm untuk mengingatkan waktu shalat dan menunjukkan lokasi masjid terdekat.

3. Usholli - Jadwal Sholat Kemenag RI
Aplikasi ini mengambil data waktu yang sesuai dengan jadwal salat dari situs resmi Kementerian Agama. Fitur lainnya adalah jadwal imsak dan pengingat menjelang waktu salat yang bisa diatur lima hingga setengah jam sebelumnya. Sementara kompas arah kiblat mengambil dari lokasi GPS pengguna.

4. Arah Kiblat 100 Persen
Penunjuk arah kiblat untuk salat ini menggunakan teknologi GPS yang dapat menghasilkan akurasi arah hingga 100 persen. Aplikasi Arah Kiblat ini menyesuaikan dengan lokasi pengguna.

Tak hanya itu, Arah Kiblat juga dapat digunakan tanpa iklan serta menggunakan semua tema dengan cara melakukan pembayaran. Nantinya, hasil pembayaran ini akan didonasikan untuk mengembangkan aplikasi lain yang juga bermanfaat untuk umat Muslim.