Ramadan Lyfe

Ramadan 2021, Belanja Emas dan Perhiasan Meningkat di Blibli

By Siti Sarifah

Uzone.id -Ramadan yang masih berlangsung di tengah pandemi membuat warga kembali menghabiskan waktu berbelanja online. Yang menarik, masyarakat memilih untuk membeli layanan atau produk investasi.

Dikatakan pihak Blibli, kesadaran keuangan masyarakat ikut terlihat selama program #HikmahRamadhan berlangsung. Dalam data mereka, Blibli mencatat permintaan produk investasi di kategori Logam Mulia dan Perhiasan Emas.

"Untuk kategori ini, permintaan meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa. Emas sebagai salah satu investasi perhiasan yang dianjurkan bagi umat Muslim menjadi barang favorit selama bulan Ramadan," ujar Cindy Kalensang, VP Business Development, Blibli dalam keterangan resminya, Senin, 17 Mei 2021.

Kategori Kesehatan dan Kecantikan serta kategori BlibliMart yang berisi kebutuhan groceries ikut tumbuh 2 kali lipat dibanding harian. Produk berupa sirup, madu, minuman bersoda, serta biskuit dan snack sebagai santapan tepat saat berbuka puasa juga mengalami pertumbuhan permintaan yang kuat.

Selain kebutuhan keseharian, banyak pelanggan yang memanfaatkan momentum Ramadan ini untuk membeli barang penunjang olahraga dari kategori Handphone, Tablet & Wearable Gadget, sehingga kategori ini meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa. Produk seperti smartwatch dan aksesoris wearable banyak dipesan oleh pelanggan untuk menemani mereka bersepeda ringan atau jogging saat ngabuburit. Produk-produk smart home seperti robot vacuum dan air purifier juga menjadi alternatif yang tepat untuk menjadikan rumah nyaman ketika puasa, meski ditinggal asisten rumah tangga (ART).

“Performa produk dari berbagai kategori di Blibli ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital semakin menjadi hal yang inklusif bagi masyarakat. Oleh karena itu, Blibli akan terus memperkuat layanan bagi pelanggan dengan fitur pengiriman cepat, seperti 2 Hours Delivery, Instant, hingga Sameday, sebagai layanan fast delivery Blibli yang didukung oleh warehouse yang tersebar di 15 kota-kota besar di Indonesia dan kemitraan logistic partner yang lengkap,” tutup Cindy Kalensang.

Hal ini tentunya sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First. Dimana Blibli mewujudkan komitmen #KarenaKamuNo1 dengan menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100 persen produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care.

Blibli terus melengkapi fitur dan layanan di aplikasi, agar masyarakat semakin mudah dan praktis dalam berbelanja. Ramadan selalu menjadi momen tepat untuk mendorong performa penjualan bagi pemain retail seperti Blibli, khususnya di saat digitalisasi terjadi secara menyeluruh hingga daerah luar Ibukota.

"Blibli sebagai platform belanja digital melihat bahwa e-commerce telah menjadi partner bagi pelanggan untuk menjalani momen-momen penting mereka seperti puasa dan Lebaran. Oleh karena itu, variasi produk yang dibeli di momen Ramadan kali ini lebih luas, mulai dari kebutuhan keseharian hingga produk yang bisa meningkatkan kualitas hidup," tutupnya.