Digilife

Program Taman Belajar Berikan Wifi Gratis untuk Pesantren

By Bagja Pratama

Foto: Dompet Dhuafa

Uzone.id – Wabah pandemik Covid-19 belum kunjung usai. Banyak aspek-aspek kehidupan yang terkena dampak dari pandemik ini, salah satunya adalah aspek pendidikan.

Sebagai ikhtiar memutus rantai penyebaran virus ini, mayoritas instansi pendidikan menetapkan kebijakan belajar dari rumah secara daring.

Namun kebijakan ini juga tidaklah efektif, karena ditemui banyak siswa yang kesulitan dalam mengakomodasi kebutuhan belajar mereka, seperti kebutuhan paket internet.

Baca juga:Mengenal Tren Baru di Dunia Aset Digital, Non-Fungible Token NFT

Berawal dari keprihatinan atas banyaknya siswa yang kesulitan dalam mengakses internet untuk kegiatan belajar mereka, Dompet Dhuafa Jawa Timur berikhtiar melalui sinergi dengan Adira Finance Syariah dalam Program Taman Belajar, untuk memberikan bantuan kebutuhan belajar berupa layanan WiFi gratis.

"Alhamdulillah, layanan WiFi gratis telah diaktifkan mulai pada awal bulan April 2021 di Pesantren Jauharotul Hikmah di daerah Putat Jaya, Surabaya," ujar Kholid Abdillah, Pimpinan Dompet Dhuafa Jawa Timur (14/04).

Kegiatan ini melibatkan lima personil dari Dompet Dhuafa Jawa Timur dan dua personil dari Adira Finance Syariah Surabaya, dan dihadiri oleh 15 siswa dan pengurus pesantren Jauharotul Hikmah,.

Dengan bantuan WiFi, para ustadz dan ustadzah di pesantren tersebut sangat terbantu terutama untuk mengurus absensi siswa-siswa, dan setiap 3 bulan sekali mengupload data absensi tersebut.

Baca juga:Pendiri Twitter Lelang Cuitan Pertamanya

"Alhamdulillaah sejak minggu lalu kami bisa menghemat kuota, dan lebih nyaman, serta ustadz dan ustadzahnya senang ketika kesini. Anak-anak juga bisa terbantu belajarnya,” ujar juga Fitriyani Romadhona, pengurus Pesantren Jauharotul Hikmah.

Pemasangan layanan WiFi gratis ini adalah sebuah awalan. Selama enam bulan ke depan Dompet Dhuafa Jatim akan memberi dukungan kebutuhan dana yang diperlukan oleh para siswa dan pengurus pesantren dalam menghidupkan kegiatan belajar mengajar secara daring.

Program WiFi gratis ini akan dilaksanakan di lima Kota yakni Surabaya, Bangkalan, Pamekasan, Pasuruan hingga Kediri. Total semuanya ada 25 titik Taman Baca.

VIDEO:Review Oppo A54, Tahan Air dan Debu