Program ESG Telkom Salurkan Bantuan Air Bersih ke 232 Lokasi
.jpeg)
Uzone.id — PT Telkom Indonesia terus menunjukkan komitmen mereka untuk ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan di Indonesia. Sebagai bagian dari program ESG (Environmental, Social, and Governance), Telkom Indonesia turut berkontribusi dalam memenuhi target kebutuhan air bersih di ratusan lokasi yang tersebar di Indonesia.
Dari tahun 2022 hingga 2024 terakhir, Telkom tercatat telah menyalurkan bantuan Sarana Air Bersih (SAB) berupa penampungan air, pembangunan sumur bor, pipanisasi, MCK, dan kelistrikan sarana air bersih dengan tujuan memfasilitasi kebutuhan air bersih masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari.
Melalui program ini, Telkom telah menyalurkan bantuan SAB ke 232 lokasi di seluruh Indonesia dengan target utama lingkungan sekolah dan wilayah daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).
Beberapa wilayah yang dijangkau program ini adalah Sumatera, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku , dan Papua.
Pelaksanaan Pembangunan Sarana Air Bersih ini dilakukan dengan tujuan untuk memfasilitasi kebutuhan air bersih masyarakat untuk keperluan sehari-hari.
Selama kurang lebih 2 tahun berjalan, pembangunan fasilitas SAB oleh Telkom ini tercatat sudah membantu lebih dari 80.000 penerima. Telkom berharap program ini dapat mendorong peningkatan kesejahteraan yang luas dan berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia.
“Pembangunan Sarana Air Bersih ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Telkom Indonesia untuk mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik,” kata Senior General Manager Social Responsibility Telkom Hery Susanto.
Hery menyebut bahwa pembangunan Sarana Air Bersih ini juga menjadi upaya Telkom dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat agar lebih baik.
“Akses air bersih yang lebih baik membawa dampak positif bagi kesehatan, pendidikan, ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan sosial. Oleh karena itu, investasi dalam infrastruktur air bersih harus menjadi prioritas dalam pembangunan berkelanjutan. Hal ini juga selaras dengan target Telkom dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals poin ke-6, yaitu menjamin ketersediaan dan pengelolaan air bersih bagi masyarakat Indonesia,” tambahnya.
Manfaat ini juga dirasakan oleh salah satu penerima bantuan, Isman Gunandi yang menjadi Local Hero di wilayah Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan. Dirinya menyampaikan apresiasi tinggi atas bantuan yang diberikan kepada Telkom atas bantuan pembangunan Sarana Air Bersih.
“Bantuan ini memang sangat dinantikan oleh masyarakat sekitar untuk memudahkan proses pengambilan air bersih, terlebih ketika kemarau. Kami sangat kesulitan mendapatkan air bersih untuk aktivitas sehari-hari dikarenakan sumber air bersih yang cenderung kering. Dengan adanya fasilitas ini, harapannya dapat memenuhi kebutuhan air bersih ibadah musholla dan masyarakat sekitar,” katanya.
Program SAB yang dijalankan oleh Telkom semenjak 2022 ini turut mengurangi keterbatasan akses terhadap air bersih, baik karena infrastruktur yang kurang memadai maupun pencemaran sumber air di Indonesia Mengutip data dari WaterAid Indonesia di tahun 2022, setidaknya tercatat 35,3 juta masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akses ke air bersih dan layak.
Tak hanya itu, program ini juga menjadi bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Telkom dalam mendukung keberlanjutan, termasuk memperkuat implementasi aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam operasional perusahaan. Maka dari itu, Telkom terus menunjukkan komitmennya dalam peningkatan taraf kualitas masyarakat melalui program ini.