Program Ekspor Shopee FLEXI Dorong Produk Lokal ke Pasar Global

Uzone.id – Shopee mengungkapkan pencapaian signifikan dalam ekspor produk lokal Indonesia. Data dari Januari hingga Juni 2025 menunjukkan bahwa lebih dari 10 juta produk lokal telah berhasil diekspor ke kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.
Kategori yang paling diminati di pasar global adalah fesyen, perlengkapan rumah, dan keperluan olahraga. Sementara itu, Malaysia, Filipina, dan Singapura menjadi tiga negara tujuan ekspor teratas untuk produk-produk lokal yang difasilitasi Shopee.
Sebagai komitmen berkelanjutan untuk mendukung UMKM agar lebih berdaya saing secara global, Shopee meluncurkan Program Ekspor FLEXI. Program ini dirancang untuk memberdayakan UMKM Indonesia dengan memungkinkan mereka mengelola toko luar negeri secara mandiri, termasuk menetapkan harga dan strategi promosi.
“Kami melihat adanya potensi luar biasa dari produk-produk UMKM Tanah Air yang terus diminati oleh pasar internasional melalui program Ekspor Shopee. Komitmen kami untuk UMKM agar bisa ekspor tidak sampai di situ saja. Kami senantiasa berusaha menghadirkan inovasi yang bisa mendukung UMKM,” jelas Balques Manisang, Deputy Director of Government Relations Shopee Indonesia, Selasa (1/7).
Kini, UMKM punya dua pilihan skema program ekspor di Shopee yakni Ekspor Shopee Reguler dan Ekspor Shopee FLEXI. Program Ekspor Shopee Reguler, yang sudah berjalan selama enam tahun, telah memudahkan banyak penjual untuk mengekspor produk mereka.
Kini, metode baru Flexi hadir dengan fleksibilitas tambahan, di antaranya:
Akses sub akun toko Shopee luar negeri di seller center Indonesia: Penjual dapat mengakses dan mengelola sub akun toko luar negeri mereka langsung dari Seller Center Indonesia.
Kebebasan penuh mengatur harga & margin: Penjual memiliki kendali penuh untuk menentukan harga dan margin keuntungan produk mereka di pasar luar negeri, memungkinkan strategi penetapan harga yang lebih adaptif.
Maksimalkan potensi dengan fitur promosi Shopee di negara tujuan: Penjual bisa memanfaatkan fitur promosi yang tersedia di toko luar negeri, termasuk melakukan Live Shopping, memanfaatkan Affiliate Marketing Solution (AMS), dan mempercantik tampilan toko dengan Shop Decoration, untuk menarik lebih banyak pembeli luar negeri.
Atur promosi, iklan, dan kampanye secara bebas: Penjual diberikan kebebasan penuh untuk mengatur strategi promosi, iklan, dan kampanye mereka sendiri di toko luar negeri, sesuai dengan target pasar dan tujuan penjualan.
Operasional toko sepenuhnya dikelola penjual dengan dukungan Shopee: Meskipun operasional toko sepenuhnya dikelola oleh penjual, Shopee tetap menyediakan dukungan logistik dan layanan pelanggan, memastikan kelancaran proses transaksi dan pengiriman.
Saat ini, Program Ekspor Shopee FLEXI baru tersedia untuk ekspor ke Malaysia, tetapi Shopee berencana akan membuka destinasi lain dalam waktu dekat. Selain itu, dalam acara peluncuran Program Ekspor Shopee 2.0 yang digelar pada Selasa (1/7), Shopee turut memperkenalkan logo baru untuk Program Ekspor Shopee.
“Kami ingin memperkenalkan logo terbaru dari program Ekspor Shopee. Jadi, kalau dilihat ada gambar spesial di tengah-tengah itu ya. Kalau mungkin anda lihat di situ ada gambar pesawat kertas, ini melambangkan harapan dan semangat untuk mengejar cita harapan yang lebih tinggi. Tentunya bersama dengan program Ekspor Shopee. Jadi bagaimana semangat, bagaimana komitmen kita, untuk mendukung semakin banyaknya produk lokal Indonesia bisa diekspor dan berdaya saing di pasar internasional,” pungkas Balques Manisang.