Home/Perhatikan Hal Ini Sebelum Mudik Pakai Mobil Pribadi

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mudik Pakai Mobil Pribadi

Bagja Pratama01 April 2024

bagikan :

Banner

Uzone.idArus mudik lebaran 2024 diprediksi bakal mulai terjadi di minggu ini. Pemerintah juga memprediksi arus mudik kali ini bakal didominasi mobil pribadi.

Diperlukan persiapan ekstra dalam hal, tenaga maupun biaya. Persiapan tambahan perlu dipertimbangkan terutama bagi mereka yang akan menggunakan kendaraan pribadi.

 

 

Dalam mempersiapkan mudik dengan menggunakan mobil pribadi, menjaga kondisi mobil tetap prima adalah kunci untuk perjalanan yang lancar dan nyaman.

Sejumlah persiapan dan pemeriksaan kendaraan adalah hal penting dilakukan sebelum berangkat dan ini beberapa tips mudik dengan mobil pribadi, agar kondisi kendaraan lebih optimal, aman dan nyaman. 

Mempersiapkan Surat dan Dokumen 

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dua dokumen wajib yang harus dibawa setiap berkendara kemanapun.

Dokumen tersebut tentunya harus dalam keadaan aktif guna tidak mendapat surat tilang ketika ada pemeriksaan.

Selain itu, pastikan juga untuk membawa asuransi kendaraan yang berlaku untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Mempersiapkan Fisik dan Mental

Perjalanan jauh membutuhkan waktu berjam-jam pastinya dapat membuat kondisi tubuh menurun. Pastikan seluruh anggota keluarga berada dalam kondisi sehat dan mendapat tidur cukup beberapa hari sebelum berangkat mudik.

Siapkan juga segala obat-obatan pribadi dan taruh di tempat yang mudah terjangkau di dalam mobil. 

Selain mengemudi dalam kondisi prima, kondisi mental pengemudi juga harus menjadi prioritas nomor satu, karena kondisi mental berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi saat berkendara.

Keluarga atau teman seperjalanan dapat mengajak ngobrol dan menanyakan kondisi pengemudi selama perjalanan. 

Melakukan Perawatan Pada Mesin Mobil

Melakukan pengecekan dan perawatan mesin mobil secara rutin dan sebelum berangkat mudik. Mesin mobil merupakan komponen yang sangat penting untuk diperiksa. Bawalah mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk memastikan mesin dalam keadaan baik.

Selain itu, pastikan Anda mengganti oli mesin sebelum melakukan perjalanan. Oli berkualitas yang sesuai dengan spesifikasi mobil, dapat menjaga kondisi mesin dan menghindari gesekan berlebih yang dapat merusak komponen mesin.

Mengecek Kaki-kaki, Rem dan Ban

Bagian yang tidak kalah penting untuk diperiksa adalah kampas rem, suspensi, tie rod, ball joint, hingga pelek serta bautnya. Jika kondisi sudah kurang baik, sebaiknya diganti guna keamanan saat berkendara.

Ban dengan kondisi sudah tidak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkram terhadap permukaan jalan. Kondisi ban seperti ini sangat berbahaya apalagi jika berkendara dalam keadaan hujan.

Perhatikan juga dengan cermat apakah ada gejala aus atau retak pada permukaan ban. Kondisi ban seperti ini jika tetap dipaksakanan berpotensi mengalami pecah ban, sehingga harus segera dilakukan pergantian ban.

 

 

Mempelajari Rute Perjalanan

Tips selanjutnya adalah mempelajari rute perjalanan. Pemudik hendaknya memahami terlebih dahulu rute yang akan dilintasi, catat medan rute yang perlu dijalani meliputi jalur yang akan dilalui, kondisi jalan, lokasi istirahat (rest area), hingga letak posko kesehatan terdekat. 

Selain itu, pahami juga jalur-jalur rawan macet yang hendak dilewati. Pemudik bisa memanfaatkan bantuan fitur peta digital pada gawai. untuk menandai titik-titik lokasi macet dan jalan alternatif yang dibutuhkan.

Tags:

logo uzone

Connect with us

Copyright © 2023 Uzone.id All right reserved