Home/Pemudik Harus Tau, Ini Penyebab Kemacetan Panjang Pas Mudik Lebaran

Pemudik Harus Tau, Ini Penyebab Kemacetan Panjang Pas Mudik Lebaran

Brian Priambudi26 March 2024

bagikan :

Banner

Ilustrasi arus mudik lebaran (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Tradisi mudik yang berlangsung menjelang hari raya Idul Fitri, tidak pernah lepas dari yang namanya kemacetan. Kira-kira apa sih yang menyebabkan kemacetan saat mudik?

Kemacetan terus terjadi berulang-ulang setiap tahunnya. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemangku kepentingan, namun tetap saja kemacetan tidak dapat terelakkan.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan mengungkapkan, salah satu penyebab kemacetan saat mudik Lebaran adalah kepadatan di rest area. Menurutnya banyaknya pemudik yang ingin masuk ke rest area menyebabkan antrean panjang yang berujung pada kemacetan.

"Ini kita akan kelola bersama-sama dengan pengelola rest area bagaimana traffic flow-nya, penambahan pelayanan dari rest area itu sendiri sehingga arus lalu lintas yang menuju ke rest area ini bisa-bisa lancar," ujar Aan seperti dikutip dari Instagram NTMC Korlantas Polri.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by NTMC Korlantas Polri (@korlantaspolri.ntmc)

Selain di rest area, Aan juga menyebutkan sumber kemacetan bisa terjadi di gerbang tol. Menurutnya masih banyak pemudik yang lupa mengisi saldo e-toll, sehingga menghambat arus perjalanan.

"Masih ada perilaku yang ini bisa memperlambat tertib lanjut di gate namun dari pengelola jalan tol sudah mempersiapkan cara bertindak untuk mempercepat pelayanan di gerbang tol tersebut," jelas Aan.

Di sisi lain, kendaraan logistik yang masih mondar-mandir saat mudik Lebaran turut membuat arus lalu lintas menjadi padat. Oleh karenanya, Aan mengatakan pihaknya akan melakukan pembatasan terhadap kendaraan logistik.

"Nanti mungkin ada pembatasan, terutama sumbu 3 ke atas, untuk mengurangi beban arus lalu lintas di jalan tol," ungkapnya.

Terakhir, mobil-mobil yang mengalami masalah di perjalanan dan berhenti di bahu jalan juga dapat mempengaruhi kelancaran arus mudik Lebaran nanti.

"Masih adanya kendaraan yang mogok, bermasalah, sehingga ini mempengaruhi arus lalu lintas yang ada di belakangnya, terjadi kelambatan, terjadi kemacetan," pungkasnya.

Korlantas Polri sendiri sudah mempersiapkan beberapa rekayasa lalu lintas untuk membantu arus mudik Lebaran 2024 mendatang. Di antaranya adalah contraflow, one way, hingga pembatasan kendaraan dengan ganjil genap.

Tags:

logo uzone

Connect with us

Copyright © 2023 Uzone.id All right reserved