Indonesia Jadi Negara Pengguna Smartphone Terbanyak ke-4 Dunia

Uzone.id - Tidak heran banyak brand yang jualan berbagai macam model smartphone di Indonesia. Gimana nggak, menurut data Exploding Topics, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna smartphone paling banyak sedunia.
Hingga Juni 2025, jumlah pengguna smartphone di Indonesia tembus 187,7 juta orang, atau sekitar 68,1 persen dari total populasi Indonesia yang mencapai 275,5 juta jiwa.
Angka ini membuat Indonesia mengisi posisi ke-4 sebagai negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia, di bawah China (974,69 juta pengguna), India (659 juta pengguna), dan Amerika Serikat (276,14 juta pengguna).
Secara global, dikutip Uzone.id pada Selasa (1/7), setidaknya ada lebih dari 7,2 miliar unit smartphone hingga pertengahan tahun 2025 ini. Proyeksinya, angka tersebut bakal naik menjadi 7,4 miliar unit hingga akhir tahun, atau melonjak tipis 3,09 persen dari sebelumnya.
Mayoritas penduduk dunia saat ini juga menggunakan smartphone di kesehariannya. Meski, Exploding Topics menyebut bahwa masih banyak orang yang tidak, dan bahkan belum bisa memiliki smartphone.
Akar masalahnya lebih mendasar dari sekadar harga perangkat, yakni sekitar 1,1 miliar orang atau setara 1 dari 8 penduduk dunia, hingga kini masih hidup tanpa akses yang memadai terhadap listrik.
Berikut ini daftar 10 negara dengan jumlah pengguna smartphone terbanyak di dunia:
Peringkat |
Negara |
Jumlah pengguna |
Populasi |
Penetrasi smartphone |
1 |
China |
974,69 juta |
1,43 miliar |
68,4 persen |
2 |
India |
659 juta |
1,42 miliar |
46,5 persen |
3 |
Amerika Serikat |
276,14 juta |
338,28 juta |
81,6 persen |
4 |
Indonesia |
187,7 juta |
275,5 juta |
68,1 persen |
5 |
Brasil |
143,43 juta |
215,31 juta |
66,6 persen |
6 |
Rusia |
106,44 juta |
144,71 juta |
73,6 persen |
7 |
Jepang |
97,44 juta |
123,95 juta |
78,6 persen |
8 |
Nigeria |
83,34 juta |
218,54 juta |
38,1 persen |
9 |
Meksiko |
78,37 juta |
127,5 juta |
61,5 persen |
10 |
Pakistan |
72,99 juta |
235,82 juta |
31 persen |