Automotive

Offroad Pakai SUV Mewah Jaecoo J8 AWD Titisan Range Rover, Emang Bisa?

Bagja Pratama
Offroad Pakai SUV Mewah Jaecoo J8 AWD Titisan Range Rover, Emang Bisa?

Uzone.id - Siapa bilang mobil mewah, klimis, gak bisa diajak main tanah alias offroad? Nah, Jaecoo coba membuktikan hal tersebut melalui calon SUV terbarunya, Jaecoo J8 AWD.

SUV ini bakal jadi SUV termewah Jaecoo yang akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat. Sebelum resmi diluncurkan, kami pun dipersilakan untuk mencoba langsung mobilnya, tapi di medan offroad!




Kita bicara spesifikasinya aja dulu. Jaecoo memang gak main-main dalam menyuguhkan sebuah SUV yang punya dimensi besar. J8 punya panjang 4.820 mm, lebar 1.930 mm dan tinggi 1.699 mm. Sedangkan untuk wheelbase 2.820 mm.



Namun, mobil sebesar ini, isi penumpangnya cuma 6 orang, karena kursi baris kedua menyuguhkan model Captain Seat. Semakin menegaskan nuansa kemewahan.

Jaecoo membekali J8 dengan mesin turbo berkapasitas 2.000cc, yang sanggup menghasilkan tenaga 245 hp dan torsinya 385 Nm. Sangat-sangat melimpah!

Tenaga dari mesin tersebut disalurkan melalui transmisi 8 speed ke semua roda alias All Wheel Drive.

Jaecco J8 dibekali teknologi Smart AWD, 4WD Vectoring, dan tujuh mode berkendara memungkinkan sistem untuk secara otomatis menyesuaikan distribusi tenaga sesuai dengan kondisi jalan.

Dalam penggunaan normal, sistem memprioritaskan penggerak roda depan untuk efisiensi energi. Namun ketika dibutuhkan traksi tambahan—seperti saat melintasi jalan licin, tanjakan curam, atau genangan air—ARDIS (All Road Drive Intelligent System) secara otomatis mengaktifkan penggerak keempat roda guna memberikan kendali optimal.

Dengan kemampuan menanjak hingga 22 derajat dan menerjang genangan air setinggi 600 mm, JAECOO J8 AWD siap menghadapi kondisi jalan yang menantang di berbagai wilayah Indonesia.

Selain itu, teknologi suspensi Active CDC (Continuous Damping Control) mampu merespons kondisi jalan secara real-time, memberikan rasa berkendara yang halus dan stabil. 



Apakah semua itu cukup untuk melibas medan offroad? Mari kita coba.

Masuk ke dalam kabinnya, jelas nuansa kemewahan sangat terasa. Hanya saja, untuk di medan offroad, mencari posisi duduk yang ideal agak sedikit sulit. 

Namun wajar, karena mobil ini memang dirancang bukan untuk offroad. Untung pengaturan jok dan setirnya sudah elektrik semua.

Suara mesin di dalam kabin juga senyap, nyaris tidak terdengar dan tidak terasa getarannya. Tapi begitu pedal gas diinjak, barulah terasa isian tenaga dan torsinya yang hampir 400 Nm tersebut.

Pertama kali menginjak tanah pun, sistem suspensi CDC sudah langsung bekerja dan terasa pergerakan mobil yang lembut dan terkendali.

Kalau melihat secara tampilan, jarak antara ban dan spakbor cukup tipis, namun ketika berjibakku di medan offroad, kami tidak merasakan gejala gesrot antara ban dengan spakbor.



Bantingannya pun tetap memberikan kenyamanan baik bagi pengemudi dan penumpang, padahal medan yang dilalui cukup lumayan ekstrem.

Secara tenaga dan handling, Jaecoo J8 ini jelas mumpuni untuk diajak ke medan offroad. Sama sekali tidak ada kendala, baik dari segi tenaga maupun traksi, padahal ban yang digunakan masih standar dan bukan ban khusus offroad.

Fitur kamera 540 derajat-nya juga sangat membantu ketika kami menemui banyak blindspot di sekitar lintasan. 

Kalau pun ada satu kekurangan yaitu pergerakan setir yang terlalu ringan dan minim feedback, dimana ini penting saat di kondisi offroad, dan feeling rem yang terlalu responsif, sehingga perlu sedikit adaptasi ketika di medan offroad seperti ini.




Tapi feeling setir dan rem tersebut dirasakan hanya ketika di medan offroad ya, sementara kalau di jalanan umum, mobil ini tetap menawarkan sensasi yang fun to drive.

Perpaduan antara kemewahan, kenyamanan, sokongan fitur lengkap, tenaga melimpah dan handling yang mumpuni.