Automotive

New Honda PCX 160 Tantang Yamaha Nmax Turbo, Siapa Lebih Menggoda?

Brian Priambudi
New Honda PCX 160 Tantang Yamaha Nmax Turbo, Siapa Lebih Menggoda?

Uzone.id - Persaingan skutik bongsor 150 cc kembali memanas dengan hadirnya New Honda PCX 160. Skutik ini kerap dibanding-bandingkan dengan Yamaha Nmax yang kini punya embel-embel "Turbo". Lantas bagaimana perbedaan spesifikasinya?

Secara desain, New Honda PCX 160 tampil lebih tegas meskipun tidak meninggalkan kesan elegan. Kini lampu utamanya menggunakan dua buat headlamp dengan pencahayaan LED. Di atas ampu utama ini terdapat daytime running light yang segaris dengan lampu utamanya.

Sementara di bagian belakang New Honda PCX 160 menggunakan lampu yang lebih agresif dari generasi sebelumnya. Hal ini diperlihatkan dari desain yang meruncing dan tajam.

Sementara Yamaha Nmax Turbo kini tampil lebih agresif dibandingkan generasi sebelumnya. Keagresifannya bisa dilihat dari desain lampu depan dan belakang yang lebih tajam.

Ditambah, Yamaha Nmax Turbo juga mendapatkan body baru yang memiliki garis lebih tegas. Berbeda dari generasi sebelumnya yang tampil lebih bulat dan lebar, sehingga memberikan kesan elegan.

 

 

New Honda PCX 160 masih mengusung dapur pacu 157 cc, 1-silinder, SOHC, 4-klep, berpendingin cairan. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 11,8 kW atau setara 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm. Mesin ini masih sama seperti generasi sebelumnya dan tidak mengalami perubahan.

Sedangkan Yamaha Nmax mendapatkan dapur pacu baru yang menjadi generasi ketiga dari mesin 155 cc VVA Yamaha. Mesin ini memiliki konfigurasi 155 cc, Blue Core, 4-katup, SOHC, berpendingin cairan yang dilengkapi Yamaha Electric CVT (YECVT), sehingga mampu mengeluarkan tenaga sebesar 15,1 dk dan torsi 14,2 Nm.

Dari segi kaki-kaki, New Honda PCX 160 masih menggunakan pelek belang dengan ukuran yang sama dengan sebelumnya yakni ban 110/70 ring 14 inci di depan dan 130/70 ring 13 inci di belakang. Kedua roda tersebut didukung dengan suspensi teleskopik di depan dan dua shock absorber di belakang lengkap dengan subtank untuk varian RoadSync.

 

 

Begitu juga pada Yamaha Nmax Turbo, karena mengusung pelek 13 inci dengan ukuran ban 110/70 di depan dan 130/70 di belakang. Kedua roda tersebut didukung dengan suspensi teleskopik di depan dan dual shock absorber dengan subtank di belakang.

Berikut perbandingan spesifikasi New Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax Turbo:

Spesifikasi New Honda PCX 160 Yamaha Nmax Turbo
Mesin
Kapasitas Silinder 156,9 cc 155,09 cc
Tipe Mesin SOHC, 4 katup, eSP+, berpendingin cairan SOHC, 4 katup, VVA, berpendingin cairan
Sistem Pembakaran Fuel Injection Fuel Injection
Bore x Stroke 60 mm x 55,5 mm 58 mm x 58,7 mm
Rasio Kompresi 12:1 11,6:1
Tenaga Maksimum 11,8 kW (16 PS) / 8.500 rpm 11,3 kW (15,1 Tk) / 8.000 rpm
Torsi Maksimum 14,7 Nm / 6.500 rpm 14,2 Nm / 6.500 rpm
Starter Elektrik Elektrik
Transmisi CVT Konvensional YECVT
Dimensi & Kapasitas
Panjang x Lebar x Tinggi 1.936 mm x 742 mm x 1.123 mm 1.955 mm x 740 mm x 1.095 mm
Jarak Sumbu Roda 1.313 mm 1.390 mm
Tinggi Duduk 764 mm 765 mm
Kapasitas Tangki Bensin 8,1 Liter 7,4 Liter
Kapasitas Bagasi 30 Liter 23,5 Liter
Rangka & Kaki-kaki
Tipe Rangka Underbone Underbone
Material Rangka Baja Baja
Suspensi Depan Teleskopik, 31 mm Teleskopik, 26 mm
Suspensi Belakang Subtank Subtank
Ukuran Ban Depan 110/70-13" 110/70-13"
Ukuran Ban Belakang 130/70-13" 130/70-14"
Rem Depan Cakram hidrolik, 2 pot, ABS Cakram hidrolik, 2 pot, ABS
Rem Belakang Cakram hidrolik, 1 pot Cakram hidrolik, 1 pot, ABS