Gadget

Melongok Senjata Realme 8 Pro Bertarung di Perang Kamera 108MP 

By Siti Sarifah

Uzone.id - Realme 8 Series menjadi penguasa segmen mid-range yang diciptakan realme untuk bertarung dengan kompetitornya di tahun 2021. Salah satunya Realme 8 Pro. Hadir dalam dua warna utama, Infinite Blue dan Infinite Black, Realme 8 Pro punya lapisan matte dan glossy secara bersamaan di bagian belakang smartphone. Meski terasa material plastiknya, tapi Realme menghadirkanya dengan visual yang pintar.

Tak hanya visual yang didesain dengan pintar, keseluruhan tampilan pun lebih menarik. Misalnya, tombol power dan volume terletak di sisi kanan, sedangkan SIM tray dengan dua slot Nano-SIM dan slot kartu microSD terdedikasi terletak di sebelah kiri. Selain itu, tombolnya mudah dijangkau dan dapat diklik dengan cita rasa smartphone di kelasnya.

Realme 8 Pro juga masih mempertahankan jack audio 3.5mm yang terletak di bagian bawah bersama mikrofon utama, port USB Type-C, dan speaker di bagian bawah, sedangkan bagian atas hanya memiliki mikrofon sekunder.

IMG20210406160017

Di bagian belakang terdapat konfigurasi quad camera yang terletak pada rumah kamera persegi. Yang menjadi sorotan pada bagian belakang ini adalah trik finishing bertekstur beserta slogan "Dare to Leap" terpampang di bagian belakang dengan finishing glossy. Anda mungkin menyukai atau mungkin tidak menyukai tulisan slogan yang terukir di bodi itu. Tapi dapat kami katakan keberadaannya memberikan tampilan unik dan berani, yang membedakannya dari perangkat lain di mana umumnya hanya polos dengan permainan visual yang aman.

Desain Realme 8 Pro ini disebut sebagai Infinite Bold Design dan saat digenggam, bodi belakangnya terlihat berkelap-kelip layaknya langit malam penuh bintang.

Realme 8 Pro adalah salah satu smartphone yang dapat digenggam satu tangan paling nyaman di segmennya. Hal ini dikarenakan ketipisan bodinya yang mencapai 8.1mm dan berat hanya seringan 176 gram. Selain itu, bagian belakang bertekstur membantu menjauhkan sidik jari tertempel. Menjadikannya salah satu smartphone yang dapat saya rekomendasikan untuk digunakan tanpa casing - meskipun disertakan di dalam kotak.

Performa

Realme 8 Pro adalah smartphone yang mengemas modul kamera powerful ke dalam bodi yang ramping dan kompak, dan didukung oleh CPU Qualcomm Snapdragon 720G.

IMG20210406160039

Setelah menggunakan Realme 8 Pro selama beberapa hari sepertinya tidak ada kekurangan yang signifikan dalam performanya. Chipset seri Snapdragon 700 nyatanya masih menjadi chipset yang sangat mumpuni. Saat beralih antaraplikasi sebagian besar berjalan dengan lancar. Realme 8 Pro untuk gaming ringan juga tak ada masalah, contohnya dalam menangani salah satu judul game populer World of Warships dengan baik. Game tersebut dapat dimainkan untuk durasi cukup lama tanpa terasa panas yang berlebihan atau perlambatan kinerja.

Realme 8 Pro menggunakan Realme UI 2.0 yang didasarkan pada Android 11. “Kulit”kustom ala realme ini menyediakan pengalaman yang cukup menyenangkan dan mirip dengan Android murni, yang sederhana dan ramah pengguna. Sejumlah aplikasi Google turut terpasang out of the box, yang menghemat banyak waktu saat baru digunakan.

Kamera

Inilah yang menjadi keunggulan paling utama dari Realme 8 Pro, yaitu kamera. Realme 8 Pro memiliki konfigurasi quad-camera yang mencakup kamera utama 108MP dengan sensor besar dari Samsung HM2, lensa ultra-wide angle 8MP, lensa portrait hitam putih 2MP, serta lensa makro 2MP. Di bagian depan ada kamera selfie beresolusi 16MP.

IMG20210327085807

Kita akan dengan mudah mendapatkan foto point-and-shoot yang bagus dari Realme 8 Pro. Hasil bidikan terlihat cerah dan tajam. Kamera di Realme 8 Pro masih mampu mempertahankan kemampuannya dengan cukup baik. Dalam pencahayaan alami, kamera utama ini menghasilkan warna yang indah dan cerah.

Ketika dicoba pada pencahayaan yang redup, foto tampil dengan baik. Memang masih ada kekurangan dari kontras dan foto malam yang diambil dalam mode ultra-wide kehilangan banyak detail. Untungnya, di Realme 8 Pro ada Super Nightscape Mode yang membantu hal tersebut melalui kehebatan AI. Agar foto malam tampil semakin impresif, pengguna bisa menggunakan lima pilihan Night Filter yang sudah tersedia di Realme 8 Pro ini.

Bagi pengguna yang suka mengambil foto diri dengan menggunakan kamera belakang, Realme 8 Pro memiliki fitur kamera lainnya, yakni Trendy Portrait. Dengan Trendy Portrait, pengguna bisa mendapatkan fitur-fitur kamera yang menarik seperti Neon Portrait dan Dynamic Bokeh. Mode Neon Portrait akan maksimal saat digunakan untuk foto diri dengan latar belakang lampu-lampu yang banyak sehingga efek blur-nya lebih keren. Untuk mode Dynamic Bokeh, mode ini mampu menambahkan efek garis pada bidikan untuk membuat tampilan latar belakang yang seakan-akan berjalan.

IMG20210330072407

Selama tangan tetap stabil, mode makro bisa mengambil cukup banyak detail pada objek kecil dengan jarak 4cm, dengan garis-garis halus bisa terlihat disertai warna yang nyata. Kemudian bicara mengenai urusan selfie, meskipun bukan resolusi terbesar yang ada di pasaran, kamera depan 16MP ini mampu mengambil selfie yang bagus, dibantu oleh mode beauty komprehensif yang memungkinkan kita menyesuaikan pengaturan individual seperti ukuran wajah dan tingkat kehalusan kulit.

Mode kamera lain yang disertakan adalah Starry Mode yang mengambil 16 foto setiap 15 detik selama 4 menit, algoritma smartphone kemudian menggabungkannya menjadi gambar akhir. Sejujurnya, akan jarang ada waktu di mana kita benar-benar akan menggunakannya, atau memiliki kesabaran untuk menunggu 4 menit, tetapi keberadaan mode ini menjadi tambahan manis untuk dicoba sekali atau dua kali saat kita berpetualang di alam bebas dan ingin mengambil foto langit dengan hasil yang memukau. Ada juga mode Tilt-Shift, yang memberikan efek miniatur pada objek.

IMG20210324200613

Kita dapat merekam video dalam resolusi hingga 1080P pada 30fps, ada juga beberapa mode video lain seperti video Ultra Nightscape, Time-lapse, dan Tilt-shift.

Baterai

Baterai merupakan area di mana realme 8 Pro benar-benar membuat saya terkesan. Smartphone ini memiliki baterai internal 4500mAh yang dapat diisi ulang dengan 50W SuperDart Charge dimana menggunakan teknologi pengisian daya khusus yang memanfaatkan tegangan tinggi tapi tidak memberikan efek panas berlebihan yang bisa memperpendek umur baterai.

Dengan angka 50W, ini berarti hanya dalam 47 menit untuk mengisi ulang baterai. Jika dibutuhkan daya tahan baterai sedikit lebih lama, tersedia mode penghematan baterai yang dapat diterapkan sampai kita mendapatkan kembali stop kontak untuk mengecas.

Fitur Lainnya

Ada beberapa fitur lainnya yang bisa ditemukan di Realme 8 Pro dan bisa menjadi nilai tambah di smartphone ini.

IMG20210406160023

- NFC Multifungsi

Sebuah fitur yang dirasa oleh pasar Indonesia menjadi fitur wajib dan membuat smartphone layak untuk dibeli sekarang ini. Sebab, dengan adanya NFC, Anda dapat terkoneksi dengan speaker Bluetooth dan aksesoris lain yang mendukung secara cepat. Penggunaan NFC juga dapat dimaksimalkan untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung.

- Fingerprint Sensor

Memiliki panel layar Super AMOLED membuat Realme meletakkan sensor sidik jari di dalam layar. Performa pemindaian yang cepat untuk membuka kunci menjadi lebih lengkap dengan dukungan fitur keamanan pengenalan wajah.

- Perlindungan Privasi

Realme telah menyediakan fitur Deepsea Privacy Plan yang akan memastikan bahwa data & informasi pribadi sangat aman dan terlindungi. Private Space menjadi tempat untuk Anda dapat menyembunyikan aplikasi dan dokumen pribadi dan untuk lebih memperkuat keamanan,“pintu masuknya” disembunyikan dengan kata sandi.

Kedua adalah Security Shield. realme UI 2.0 kini menyediakan pengamanan pembayaran, sistem pemantauan izin aplikasi, pemblokiran situs palsu, dan akses ke fitur keamanan Android 11. Dengan semua fitur ini, Anda dapat berbagi kreativitas tanpa mengkhawatirkan perlindungan data pribadi dan privasi.

- Dark Mode

Antarmuka realme UI 2.0 memberikan mode gelap yang lebih nyaman di mata dan mendukung lebih banyak aplikasi pihak ketiga. Pengguna dapat memilih tingkat kontras yang berbeda sesuai dengan preferensi visual. realme UI 2.0 menyediakan tiga tingkat kontras: "Enhanced / Medium / Soft".

Realme 8 Pro dikemas dengan spesifikasi mengesankan seperti kamera 108MP, layar cerah, baterai 4.500mAh yang besar dan ukuran memori penyimpanan yang besar. Tidak dapat dimungkiri bahwa smartphone ini harus jatuh di beberapa area demi bisa dijual dalam rentang harganya yang terjangkau. Tapi pengorbanan itu masih dapat diterima dan tetap bisa memberikan impresi penggunaan yang baik.

Spesifikasi:

Prosesor: Qualcomm Snapdragon 720G
RAM/memori internal: 8GB + 128GB
Layar: FHD+ 6,4 inci Super AMOLED (2400x1080)
Baterai: 4500mAh / 50W SuperDart Charge
Pengisian daya: Port USB Type C
Kamera: Quad camera 108MP primary, 8M Ultra-wide angle, 2MP Macro, 2MP B&W
Kamera selfie: 16MP AI Beauty