Gadget

Melongok Hasil Kamera Redmi Note 10 Pro, Mid Range Tapi Punya 108MP

By Siti Sarifah

Uzone.id -Bukan Xiaomi namanya jika tidak membuat smartphone terjangkau dengan spesifikasi mirip-mirip flagship. Kali ini, smartphone kelas menengah yang diluncurkan Xiaomi adalah Redmi Note 10 series, yang salah satunya adalah Redmi Note 10 Pro. Salah satu yang menarik perhatian adalah bawaan kamera dengan resolusi 108MP, yang merupakan pertama di smarphone mid-range atau kelas menengah.

Meski menyematkan kamera 108MP di dalamnya, Xiaomi tidak membanderol Redmi Note 10 Pro dengan harga di atas Rp5 juta atau sampai belasan juta. Cukup dengan harga pasaran tak lebih dari Rp4 juta.

IMG20210404105805

Sensor kamera 108MP pada Redmi Note 10 Pro memberikan pengalaman mobile photography tiada tanding di kelasnya dengan memadukan 9-in-1 binning technology dan Dual native ISO. Perpaduan kedua teknologi ini, membuat perangkat dapat menangkap foto dengan detail secara baik, memiliki dynamic range yang luas, dan menawarkan berbagai mode penyuntingan gambar.

Untuk bisa menikmati kamera dengan hasil 108MP, pengguna harus lebih dulu membuka kamera lalu menyentuh menu 'Selengkapnya'. Dari situ akan terpampang banyak fungsi kamera yang bisa digunakan, termasuk format 108MP yang menakjubkan. Hasil fotonya cukup mengesankan dan detil, termasuk bisa diperbesar berkali-kali. Saking besarnya resolusi yang ditampilkan, mencapai 12.000 x 9000 pixel, tidak heran jika ukuran file-nya pun cukup besar untuk satu foto, yakni sampai 18,67MB.

IMG20210404105844

Kabarnya, modul kamera utama Redmi Note 10 Pro memiliki sensor Samsung ISOCELL HM2, cocok dengan lensa 26mm aperture f / 1.9. Meskipun sensor memiliki piksel yang sangat kecil (0,7µm), menggunakan sembilan-piksel-binning, ini menciptakan ukuran piksel 2,4µm yang cukup efektif. Meskipun tidak ada stabilisasi optik yang membantu lensa dalam kondisi cahaya redup, kamera ini memiliki fitur mode malam, dan mengunci subjek dengan dual piksel PDAF.

Untuk lensa ultra-wide, Redmi Note 10 Pro dibekali resolusi 8 MP. Pikselnya memang rendah tapi memiliki apperture f/2.2, dan angle 118 derajat.

hasil foto redminote10pro (5)

Sedangkan kamera makro bisa dibilang lumayan, dengan modul yang sama yang ditemukan pada Mi 11, yakni kombo 5 MP, f/2.4. Ada juga depth sensor dan kamera selfie 16MP dengan aperture f/2.5, yang membuat Redm Note 10 Pro memiliki total lima kamera di kedua sisi.

Smartphone ini juga memiliki Mode Pro yang melibatkan semua lensa yang ada, termasuk lensa wide angle, ultra-wide, dan makro. Dengan dukungan RAW di ketiganya, dan menawarkan eksposur hingga 30 detik dan ISO hingga 6400, jika berada di tangan yang tepat, hasilnya akan cukup mengesankan.

hasil foto redminote10pro (1)

Sayangnya, fitur video di Xiaomi Redmi Note 10 Pro tidak mendukung format 4K 60fps. Namun ada format 4K 30fps, 1080P 60fps, 1080P 30fps, dan 720P 30fps. Untuk mode perekaman video, Redmi Note 10 Pro hadir dengan mode video time-lapse pro dan video time-lapse tele macro yang melengkapi fitur tambahan seperti mode Photo Clones, Video Clones, Dual Video dan Long Exposure. Fitur-fitur ini membuat momen berbagi foto atau video di aplikasi media sosial menjadi lebih menyenangkan.

hasil foto redminote10pro (2)

Mode foto atau video clones (Kloning) bisa dibilang cukup mudah membuatnya. Ada 3 mode kloning yang bisa digunakan. Pertama adalah foto clones, yang memungkinkan satu objek berubah menjadi empat objek dalam satu jepretan atau satu frame seolah-olah kembar 4. Selain itu ada video clones, yang memungkinkan pengguna membuat dua objek yang sama berada di satu frame, seolah-olah kembar, berinteraksi/bergerak. Terakhir adalah time freeze yang memungkinkan empat gerakan sekaligus berhenti di satu frame.

1617581915958

[video-to-gif output image]

[video-to-gif output image]

Selain itu, berkat fitur Night Mode 2.0 yang didukung algoritma multi-frame RAW, pengguna dapat menangkap visual yang luar biasa meski dalam pengaturan cahaya rendah. Sebelumnya, kamera berkualitas 108MP hanya bisa ditemui di smartphone flagship, namun kali ini Xiaomi berhasil membawa fitur tersebut ke Redmi Note 10 series yang merupakan smartphone kelas mid-range di Indonesia.

Layar 6,67” AMOLED DotDisplay dengan 120Hz refresh rate menghadirkan layar yang tidak hanya luas, namun juga menggebrak standar dengan komposisi warna yang lebih tajam, hemat energi, dan responsif berkat 240Hz touch sampling rate. Selain itu, adanya speaker ganda menghasilkan kualitas suara yang imersif, akan membuat pengalaman menonton lebih berkesan.

Redmi Note 10 Pro ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 732G yang merupakan salah satu prosesor 4G paling kuat di pasaran saat ini. Menawarkan performa yang tinggi dan konsumsi daya baterai yang rendah.

Dengan kapasitas baterai besar, 5020 mAh, yang didukung pengisian daya cepat 33W, pengguna akan lebih menghemat waktu ketika harus mengisi daya baterai. Semua ini membuat Redmi Note 10 Pro sangat ideal bagi mereka yang ingin memiliki perangkat mumpuni untuk mendukung kebutuhan gaming maupun streaming.