Maxdecal Gandeng VW dan Kementerian Ekonomi Kreatif di GIIAS 2025

Di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Maxdecal berperan aktif dalam kolaborasi Volkswagen Indonesia bersama Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF) dan para pemilik kekayaan intelektual (IP) lokal melalui kampanye “New Buzz in Life”.
Kolaborasi ini mengajak masyarakat merayakan ekspresi diri melalui kehadiran ID.BUZZ. Sinergi ini diperluas dengan melibatkan pelaku industri kreatif, komunitas, dan seniman lokal yang memiliki visi serupa dalam inovasi dan keberlanjutan.
Project Director & RnD dari Maxdecal Nofian Hendra menjelaskan, Maxdecal dan EKRAF memiliki kesamaan visi dan misi dalam memperkuat serta mempromosikan karya seni hasil kreativitas anak bangsa.
"Kami bersatu, berdampingan, saling mendukung, membangun, dan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif Indonesia di pasar nasional maupun internasional, tidak hanya untuk industri otomotif, tetapi juga bagi seniman lokal dan komunitas," ujar Nofian.
Maxdecal juga menjalin kolaborasi erat dengan Beemala Tenka, merchandise IP lokal, design contest, juga mobil VW dengan tema kemerdekaan.
Maxdecal, lanjut Nofian, berterima kasih kepada EKRAF yang turut serta menyokong setiap program yang saat ini berjalan dan yang akan datang dengan dukungan penuh Wakil Menteri Ekonomi Kreatif (Wamenkraf) Irene Umar.
“Bersama Wamenkraf Ibu Irene dan tim, kami telah melakukan brainstorming untuk mendorong langkah-langkah konkret, mulai dari art party, moto art show, hingga program autocoffee yang menjembatani komunitas kreatif dan pecinta otomotif,” jelas Nofian.
Tidak hanya tampil sebagai pelaku teknis, Nofian juga turut menjadi pembicara dalam talkshow di booth VW bersama Wamenkraf Irene Umar dan memberikan banyak inspirasi bagi pengunjung.
Dalam sesi tersebut, Maxdecal menekankan bahwa kendaraan roda empat (mobil) dan roda dua (motor) kini bukan sekadar alat transportasi, tetapi dapat menjadi salah satu cara mengekspresikan diri dalam dunia kreativitas.
“Selain itu, sebagai merek lokal, Maxdecal ingin menunjukkan kemampuannya untuk bersaing dan bersanding dalam mendukung serta mempertahankan karya seni agar tetap hidup, sejajar, dan tahan lama,” paparnya.

Aksi Maxdecal: Dari Mobil Kemerdekaan Hingga Live Painting
Di booth VW di GIIAS 2025, Maxdecal menyulap mobil listrik ID. BUZZ menjadi karya seni bergerak. Mengusung konsep kemerdekaan, Maxdecal membalut ID.
BUZZ dengan wrapping stiker abu-abu metalik doff dari seri VPF 100 yang kemudian dilukis langsung di lokasi oleh dua seniman kenamaan @tabe.thay dan @ton.n.kay dari Tenka Street.
“Live painting spektakuler ini menjadi highlight tersendiri, sekaligus membuktikan bahwa modifikasi kendaraan bisa menjadi medium seni publik yang sangat menarik,” tambah Nofian.
Selain itu, Maxdecal juga memodifikasi beberapa unit ID. BUZZ menggunakan Maxdecal 9600 – SMC10, hasil kerja sama dengan workshop @raindyigas dan pemasangan sistem airsuspension dari @airbft_indonesia.
Kolaborasi ini menampilkan harmoni antara teknologi modifikasi modern dan kreativitas visual.
Tampilan modifikasi ini menjadi salah satu sorotan di panggung VW di GIIAS 2025.
Keterlibatan Maxdecal di GIIAS 2025 ini juga diharapkan semakin memicu gelombang kreativitas di industri otomotif dan memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat inovasi di kancah ekonomi kreatif global.
Maxdecal terus menghadirkan narasi baru bahwa kendaraan bisa menjadi medium seni, ekspresi, dan kolaborasi lintas sektor.
Maxdecal tak sekadar memperindah tampilan kendaraan tetapi juga memperindah ekosistem kreatif Indonesia.