Digilife

Kominfo Ancam Tutup Aplikasi Azan dan Solat yang Curi Data Pribadi

  • 23 Apr 2022 WIB
    Bagikan :
    Ilustrasi foto: Towfiqu barbhuiya/Unsplash

    Uzone.id - 11 Aplikasi termasuk aplikasi solat dan adzan yang berpotensi mencuri data pribadi pengguna kini terancam akan dihentikan oleh Kominfo kalau tidak melakukan perbaikan sistem.

    Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pendalaman pada 11 aplikasi yang berpotensi melanggar dan menyalahgunakan data pribadi penggunanya.

    Hasilnya, Kominfo menemukan adanya fitur-fitur yang berpotensi untuk penyalahgunaan data pribadi. Hal ini disampaikan oleh Dedy Permadi, Staf Khusus Menkominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

    “Kami sudah menyampaikan kepada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dari aplikasi tersebut untuk segera melakukan perbaikan sistem dan juga menutup fitur-fitur yang berpotensi untuk adanya pelanggaran perlindungan data pribadi,” jelasnya, Jumat (22/04/2022).

    Selain itu, Kominfo juga akan bertindak tegas dengan menutup aplikasi-aplikasi ini apabila dalam 3 hari tak melakukan perbaikan sistem.

    Baca juga: Siber Polri List Aplikasi Salat dan Azan yang Curi Data Pribadi

    “Jadi kami memberikan waktu tiga hari sejak kemarin untuk perbaikan sistem di aplikasi-aplikasi tersebut. Jika tidak dilakukan, maka kami akan melakukan penutupan akses terhadap aplikasi-aplikasi tersebut baik di Google Play Store maupun App Store,” tegas Dedy.

    Penyampaian himbauan ini dilakukan melalui surat resmi. Dedy juga menambahkan bahwa Kominfo telah memiliki daftar aplikasi yang memang terbukti mengandung potensi untuk melakukan pelanggaran data pribadi.

    Beberapa waktu lalu, Cyber Crime Investigation Center Polisi Republik Indonesia atau CCIC Polri membagikan daftar 11 aplikasi salat dan azan yang berpotensi mencuri data pribadi penggunanya.

    Berikut daftar aplikasi-aplikasi tersebut:

    Speed Camera Radar

    Al-Moazin Lite (Prayer Times)

    WiFi Mouse (remote control PC)

    QR & Barcode Scanner

    Qibla Compass - Ramadan 2022

    Simple Weather & Clock Widget

    Handcent Nex SMS-Text w/MMS

    Smart Kit 360

    Al Quran MP3 - 50 Reciters & Translation Audio

    Full Quran MP3 - 50+ Language & Translation Audio

    Audiosdroid Audio Studio DAW