Kolaborasi Telkom & BPD Kalimantan untuk Dorong Ekonomi Digital Daerah

Uzone.id - Telkom Indonesia bersama sejumlah Bank Pembangunan Daerah (BPD) di Kalimantan memperkuat komitmen untuk membangun perekonomian kerakyatan melalui teknologi digital. Kolaborasi ini diwujudkan dalam workshop produk dan layanan Telkom yang diadakan di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Acara ini menghadirkan berbagai narasumber yang membahas produk dan layanan digital Telkom yang dapat dimanfaatkan BPD. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan layanan digital bagi nasabah, meningkatkan efisiensi, dan produktivitas kerja BPD.
Beberapa layanan yang dibahas antara lain komunikasi data, keamanan siber, Software-Defined Wide Area Network (SDWAN), machine-to-machine (M2M), very small aperture terminal (VSAT), Astinet, omni channel marketing, Core Banking, Call Center, serta Data Center dan disaster recovery center (DRC).
EVP Divisi State Owned Enterprise (SOE) Service Telkom, Dedy Mardhianto, menjelaskan bahwa Telkom menghadirkan tiga solusi utama untuk menjawab tantangan infrastruktur teknologi informasi BPD, yaitu Digital Connectivity, Digital Platform, dan Digital Service.
Solusi ini dirancang khusus untuk membantu BPD dalam transformasi digital secara efisien dan terjangkau.
“Transformasi digital adalah sebuah keniscayaan. Sebagai entitas bisnis plat merah, semangat Telkom dengan BPD selaras dengan Asta Cita pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan kewirausahaan, pengembangan industri kreatif, meningkatkan lapangan kerja dan ikut membangun pemerataan ekonomi dari desa,” jelas Dedy saat memberikan pemaparan dalam workshop tersebut.
Disampaikan Direktur Operasional Bank Kalsel, Abdurahim Fiqry, pihaknya mengapresiasi langkah strategis kolaborasi dengan Telkom Indonesia. Ia berharap kolaborasi ini dapat menumbuhkan geliat perekonomian kerakyatan dan membawa dampak signifikan bagi pelaku usaha dan masyarakat Indonesia.
“Dengan menjalin kolaborasi produktif antara entitas bisnis milik negara ini, kami berharap geliat perekonomian kerakyatan dari daerah dapat terus tumbuh dan membawa dampak yang signifikan bagi pelaku usaha dan masyarakat Indonesia,” jelas Fiqry.
Dengan penerapan solusi digital dari Telkom, BPD di Kalimantan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperluas jangkauan layanan, dan tetap relevan bagi nasabah muda yang tech-savvy. Langkah ini diharapkan dapat membuat BPD di seluruh Indonesia semakin kompetitif di tengah persaingan yang ketat.