Startup

Jelang Ramadan 2025, Barang Ini Paling Laris di Tokopedia

Vina Insyani
Jelang Ramadan 2025, Barang Ini Paling Laris di Tokopedia

Uzone.id — Tak terasa, Ramadan 2025 sudah di depan mata, menurut perkiraan bulan puasa tahun 2025 ini akan jatuh pada awal Maret 2025.

Menjelang bulan suci tersebut, masyarakat sudah mulai melakukan berbagai persiapan. Mulai dari menyiapkan resep untuk buka dan sahur, persediaan makanan, hingga menyiapkan baju untuk lebaran.

Platform e-commerce, Tokopedia dan ShopTokopedia (TikTok Shop) membagikan insight terkait barang-barang yang banyak dicari oleh masyarakat menjelang Ramadan 2025. 

Menjelang Ramadan 2025, daging menjadi produk terlaris di Tokopedia dalam kategori Makanan dan Minuman. Sementara itu, camilan seperti kurma menjadi produk paling laris di aplikasi ShopTokopedia.



Tak hanya makanan dan camilan, kategori produk Elektronik juga banyak diincar oleh masyarakat. Terbukti dari pembelian pendingin ruangan seperti AC menjadi salah satu produk paling laris di Tokopedia, sedangkan di ShopTokopedia, pompa galon listrik.

Kedua platform ini memiliki tren yang berbeda soal produk paling laris. Menurut Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan mengatakan bahwa pengguna Tokopedia cenderungs duah tahu apa yang akan dibeli.

“Sementara di ShopTokopedia, masyarakat cenderung mengkonsumsi video di TikTok lalu terinspirasi membeli produk dari penjual,” ujarnya.

Tapi, keduanya tetap memiliki kesamaan, dimana kategori seperti Makanan dan Minuman, Perlengkapan Rumah Tangga, Fashion Muslim, Kecantikan dan Perawatan Diri, serta Elektronik turut melonjak di kedua platform.

Tak hanya produk-produk tersebut, Aditia juga mengatakan bahwa perlengkapan Umroh ikut mengalami peningkatan pesanan hampir 9 kali lipat. 



Melihat banyaknya kebutuhan pengguna di bulan Ramadan, seperti tahun sebelumnya, Tokopedia dan ShopTokopedia menghadirkan beberapa program unggulan. Salah satunya adalah Ramadan Ekstra Seru mulai 25 Februari hingga 25 Maret 2025.

Program ini dihadirkan untuk membantu makin banyak pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal meningkatkan penjualan di bulan Ramadan, mengingat jumlah penjual pada periode menjelang Ramadan 2025 naik sekitar 40 persen.

Pelaku usaha akan mendapat insight untuk menyusun strategi yang tepat saat Ramadan melalui webinar edukasi #SIAPRAMADAN di Pusat Edukasi Seller Tokopedia atau ShopTokopedia Academy. Selain program ini, ada juga program affiliate content creator untuk membantu pengguna mendapatkan pendapatan sampingan dari aktivtias live streaming di TikTok dan Tokopedia.