Telco

Jelang Lebaran, Telkom Pastikan Jaringan Prima dari Sabang Sampai Merauke

  • 26 Apr 2022 WIB
    Bagikan :
    Ilustrasi: Unsplash

    Uzone.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus memastikan terpenuhinya kebutuhan pelanggan melalui kualitas jaringan infrastruktur yang prima dan layanan yang optimal demi terwujudnya kepuasan terbaik pelanggan, khususnya selama menyambut Idulfitri tahun ini.

    Guna mengamankan dan memastikan kesiapan jaringan dan layanan TelkomGroup, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko didampingi EVP Telkom Regional I Semly Saalino melaksanakan rangkaian kunjungan kerja ke Banda Aceh beberapa waktu lalu.

    Rangkaian kunjungan mencakup kegiatan rehearsal test atau uji simulasi yang dilaksanakan di Witel Aceh dan turut dihadiri secara daring oleh Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid.

    Uji coba dilaksanakan guna memastikan reliability, availability, serta Network & IT infrastructure readiness dalam rangka meningkatkan pengalaman pelanggan terbaik untuk menghadapi momen Idulfitri.

    Uji coba yang diselenggarakan di Banda Aceh merupakan puncak rangkaian rehearsal test setelah sebelumnya dilaksanakan uji coba di tujuh regional, di mana telah dilakukan program pengetesan network & service Telkom, network & service Telkomsel, top priority customer, keamanan siber, digital business, serta information technology dengan jumlah rehearsal test yang telah dilakukan sebanyak 1.502 aktivitas.

    Baca juga: Telkom University Gelar Wisuda Metaverse Pertama di Indonesia

    Selain pengecekan jaringan, pada kegiatan rehearsal test dilakukan uji coba terhadap layanan CNOP (Collaborative Network Optimization Project) serta layanan digital unggulan Telkom seperti myIndiHome dan PeduliLindungi, serta dilaksanakan pula pengecekan kesiapan backbone fiber optic jalur tengah Aceh yang baru dirampungkan.

    Dengan kata lain, Telkom berupaya menjaga keoptimalan seluruh jaringan infrastrukturnya dari Sabang sampai Merauke.

    “Kami akan memastikan kesiapan produk dan layanan digital Telkom selama bulan Ramadan dan dalam menghadapi momen Idulfitri, khususnya karena di tahun ini untuk pertama kalinya masyarakat kembali diizinkan untuk mudik, maka Telkom akan memastikan keandalan layanan demi kepuasan pelanggan dan masyarakat,” tutur Fajrin Rasyid.

    Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistika Gayo Lues Said Idris Wintareza menyampaikan apresiasi atas kontribusi Telkom menggelar jaringan tulang punggung (backbone) fiber optic di jalur tengah Aceh guna membuka akses penetrasi jaringan internet bagi masyarakat, utamanya di Kabupaten Gayo Lues.

    "Kami berharap, melalui penggelaran jaringan yang dilakukan Telkom, dapat mendukung pemerintah kabupaten dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat termasuk membuka akses keterbukaan informasi publik, serta mendorong peningkatan kualitas di berbagai sektor seperti perekonomian, sosial, dan sektor lainnya,” ujar Said.

    Selain rehearsal test, rangkaian kunjungan kerja diisi dengan kegiatan Safari Ramadan Direksi Telkom dalam rangka TelkomGroup Siaga Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2022.

    Baca juga: Pendapatan Telkom di 2021 Tembus Rp143,2 Triliun

    Pada kegiatan ini, dilaksanakan program Charity for Indonesia berupa penyerahan santunan anak yatim, santunan anak duafa, serta bantuan Broadband Learning Center (BLC) untuk sekolah dan pesantren.

    Adapun total bantuan nasional yang diberikan mencapai Rp1,6 miliar.

    Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan pula peninjauan kesiapan infrastruktur ke IOC (Integrated Operation Center) Witel Aceh.

    "Sebagai perusahaan yang bertransformasi menjadi digital telco, TelkomGroup berkomitmen untuk selalu memastikan kualitas infrastruktur yang prima sebagai fondasi utama guna memberikan layanan dengan kualitas terbaik bagi pelanggan dan masyarakat Indonesia, khususnya di momen Ramadan dan Idulfitri,” tutur Herlan.

    Selanjutnya, dilaksanakan pula kunjungan ke pusat layanan pelanggan, Plasa Telkom Banda Aceh untuk memastikan kualitas layanan kepada pelanggan dan kesiapan produk serta layanan digital yang ditawarkan guna memastikan terpenuhinya kebutuhan para pelanggan, khususnya selama bulan Ramadan dan menuju Idulfitri.

    Diharapkan kontribusi Telkom melalui penyediaan infrastruktur berkualitas, layanan optimal, serta bantuan yang diberikan bagi yang membutuhkan dapat memberi makna lebih bagi masyarakat selama momen Ramadan dan Idulfitri 1443 H, serta menjadi wujud nyata kontribusi BUMN, khususnya Telkom bagi Indonesia.