Health

Jangan Asal Makan Kalau Buka Puasa Pakai Menu All You Can Eat

By Birgitta Ajeng

Ilutrasi. (Foto: Unsplash)

Uzone.id- Saat Bulan Ramadan, undangan buka puasa bersama alias bukber pasti banyak banget, entah dari keluarga, teman kuliah, teman sekolah, teman kantor, dan lainnya. Restoran dengan menuall you can eatsering menjadi incaran kebanyakan orang untuk bukber.

Makan menuall you can eatuntuk buka puasa pasti nikmat banget. Kamu bisa makan apa saja dengan porsi suka-suka. Menyantap menuall you can eatsesekali di bulan puasa sesungguhnya sah-sah saja. Yang menjadi masalah itu kalau kamu menyantapnya terus-menerus sepanjang puasa.

Baca juga:3 KulinerMaknyusKhas Banyuwangi ini Wajib Dicoba

Menurut dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK dari Halodoc, saat berbuka puasa di restoranall you can eat, kamu perlu memperhatikan makanan yang kamu makan. “Kalau menunya shabu-shabu ataubarbeque, bisa pilih protein tinggi, makan sayur, lemak, kabohidrat bisa dari sayur, buah, dan nasi,” ujar Jovita.

Saat berpuasa, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbangan sangat baik untuk tubuh. Hanya saja, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi gorengan dan jangan makan makanan manis berlebihan.

Baca juga:Puasa Ternyata Menyehatkan dan Bikin Badan Kurus, Asal…

“Hindari gorengan, makan yang manis kayak takjil buat buka puasa boleh, habis itu tinggi beberapa menit baru mulai makan besar, jangan berlebihan makan makanan yang manis, nanti malah bisa menambah berat badan,” kata Jovita.

Kalau kamu terlalu banyak makan di restoranall you can eatdan kekenyangan sampai sahur, kamu tetap disarankan untuk makan saat sahur.

Baca juga:5 Tips Badan Anti Lesu Saat Puasa

“Sahur itu perlu makan untuk menjaga tenagah sehari selama puasa. Pilih menu yang jangan terlalu berat kalau masih kenyang, nasi sedikit, kalau biasa satu piring ubah menjadi setengah atau seperempat, atau lemak, protein, dan buah juga dikurangi porsinya,” ungkap Jovita.

Saat sahur, kamu juga perlu mengonsumsi hidangan dengan gizi seimbanguntuk memenuhi kebutuhan kaloriharian. Makanan yang lengkap dan berenergi dapat memenuhi kebutuhan energi sepanjang hari.

Selain itu,cukupi kebutuhan cairan agar tidak dehidrasi. Kamu perlu minum dua gelas saat sahur, empat gelas saat buka puasa, dan dua gelas saat malam.

Another Article