Ramadan Lyfe

Hari ke-24 Ramadan, Puncak Hujan Meteor Eta Aquarids 

By Vina Insyani

Uzone.id -Hujan meteor Eta Aquarids telah mencapai puncaknya pada dini hari tadi. Fenomena ini akan menyelimuti langit malam Inggris mereka dengan bintang jatuh.

Di Indonesia sendiri puncak aktivitas ini terjadi pada 6 Mei pukul 9 siang, dan waktu terbaik untuk menyaksikan Eta Aquarid adalah sekitar pukul 1 dini hari hingga pukul 5 subuh, waktu ketika umat muslim melakukan sahur untuk berpuasa.

Fenomena ini akan menampilkan hingga 50 meteor jatuh per jam nya. Dalam kondisi yang ideal, hujan meteor bisa mencapai 60 meteor per jamnya.

Dikutip dari Metro UK, Kamis (06/05), tahun ini dinilai menjadi tahun terbaik untuk menyaksikan fenomena hujan meteor. Bulan akan berada dalam fase bulan sabit yang memudar, maka hanya 28 persen yang akan diterangi bulan. Ini berarti, langit akan sangat gelap dan cahaya bulan takkan mengganggu penikmat langit untuk menyaksikan fenomena meteor ini.

Namun, bagi yang ketinggalan menyaksikan fenomena ini, hujan meteor Eta Aquarids akan tetap terdeteksi di malam-malam selanjutnya meski puncaknya sudah terlewat. Pemandangan hujan meteor ini akan terlihat sekitar seperempat dari kekuatannya saat masa puncak selama beberapa hari setelah tanggal 6 Mei.

Selain itu, hujan meteor lainnya juga akan terjadi ketika Bumi melintasi komet Halley yang disebut dengan hujan meteor Orionid pada bulan Oktober mendatang.