News

H-2 Lebaran Angka Kecelakaan Tercatat Turun 66% Dibanding Tahun Lalu

By Agung Jatmiko

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, angka kecelakaan tercatat terus mengalami penurunan drastis hingga H-2 Lebaran 2019, dibanding musim mudik tahun lalu.

"Dibandingkan dengan tahun lalu, isu tahun ini untuk mudik lancar dan aman medapatkan keberhasilan. Penurunan angka kecelakaan mencapai 66%," ujarnya, saat ditemui di Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (4/6).

Sejak H-7 hingga H-2 Lebaran 2019, Kemenhubmencatat korban kecelakaan sebanyak 478 orang. Dari total angka kecelakaan tersebut, korban meninggal akibat kecelakaan tercatat sebanyak 74 orang, korban luka berat 53 orang, korban luka ringan 551 orang.

Sementara, tahun lalu korban kecelakaan selama mudik totalnya mencapai 1.435 orang. Rinciannya, korban meninggal dunia mencapai 178 orang, korban luka berat 175 orang dan korban luka ringan 1.082 orang.

Budi menjelaskan, untuk menciptakan mudik yang aman, Kemenhub telah melakukan pengecekan bus-bus yang akan dioperasikan pada saat masa angkutan lebaran. Selain itu, kecelakaan sepeda motor juga minim karena menurunya pemudik yang menggunakan sepeda motor.

"Dari pantauan kami, jumlah pemudik motor itu turun. Selain itu, kami upayakan kami melakukan pengecekan terhadap bus-bus yang beroperasi," kata dia.

Sebelumnya, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub Sigit Irfansyah mengatakan, turunnya tingkat kecelakaan dikarenakan masyarakat sudah mulai sadar dan mengedepankan keselamatan selama mudik. Di sisi lain, Kemenhub juga meningkatkan sosialisasi mudik lebaran baik dari Korps Polisi Lalu Lintas (Korlantas) ataupun Kementerian Perhubungan.

Selain itu, maraknya penyelenggaraan mudik gratis menggunakan transportasi umum, seperti bus, angkutan laut, dan pesawat, dan kereta api juga dinilai turut memberi andil terhadap penurunan angka kecelakaan.

Pasalnya, dengan program mudik gratis banyak motor pemudik yang bisa diangkut sekaligus, sehingga pemudik yang melakukan perjalanan lintas daerah mengendarai motor berkurang.

"Jadi ini yang memicu terjadinya kecelakaan kebanyakan sepeda motor, makanya kami juga menyasar mereka untuk ikut mudik gratis," ujarnya, di Jakarta, Senin (4/6).