Ramadan Lyfe

Google Doodle Rayakan Hari Bumi di Bulan Ramadan

By Siti Sarifah

Photo by Noah Buscher on Unsplash

Uzone.id -Hari ini, 22 April 2021, dunia merayakan Hari Bumi. Perusahaan raksasa digital, Google juga merayakannya dengan mengubah gambar di mesin pencariannya, Google Search, yang kini menampilkan video animasi penanaman pohon yang dilakukan oleh generasi turun temurun.

Tahukah kamu jika pelestarian lingkungan atau pemanfaatan bumi dan seisi alam ini telah diatur dalam al-Quran? Bahkan Nabi pun pernah bersabda tentang pentingnya menanam pohon demi kemaslahatan manusia di bumi.

“Tidaklah seorang muslim menanam suatu pohon melainkan apa yang dimakan dari tanaman itu sebagai sedekah baginya, dan apa yang dicuri dari tanaman tersebut sebagai sedekah baginya, dan tidaklah kepunyaan seorang itu dikurangi melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Muslim Hadits no.1552).

Baca juga: Google Doodle Peringati Hari Bumi

Dalam beberapa ayat di al-Quran juga dijelaskan bahwa Allah SWT telah menyediakan berbagai fasilitas melimpah di bumi agar bisa digunakan sebaik-baiknya untuk keberlangsungan hidup manusia.

google doodle earth day

'Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langin, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan. Maka, Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menhijau itu butir yang banyak. Dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pula) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.'' (QS Al An'am: 99).

''Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanam-tanaman atas sebagian yang lain dalam rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.'' (Ar Ra'd: 4).

Baca juga: Ramadan 2021 Bakal Dihiasi Hujan Meteor Lyrid

''Dialah yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagian menyuburkan tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.'' (QS An Nahl: 10-11).

''Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila Kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah.'' (QS Al Hajj: 5).

Hari Bumi tahun ini bertema Pulihkan Bumi Kita dan berfokus pada pemulihan ekosistem dunia melalui proses alami, teknologi hijau yang muncul, dan pemikiran inovatif. Untuk menandai kesempatan tersebut, Google telah membuat Doodle video yang menyoroti bagaimana kita semua dapat membantu menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi planet ini.