Automotive

GIIAS 2025 jadi Ajang BYD dan Denza Tegaskan Posisinya di Segmen EV

Bagja Pratama
GIIAS 2025 jadi Ajang BYD dan Denza Tegaskan Posisinya di Segmen EV

Uzone.id - Ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 menjadi momen bagi BYD Indonesia dan sub-brand Premium Denza untuk menegaskan posisinya di segmen mobil EV di Indonesia.

Hadir dengan area pamer yang lebih luas dengan total luas booth yang digunakan bersama merek Denza mencapai sekitar 3.000 meter persegi. Ini menjadikannya salah satu yang terbesar di pameran tersebut.



Head of Marketing, PR & Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan mengatakan perluasan area ini untuk mengakomodasi tingginya minat pengunjung pada produk BYD pada penyelenggaraan sebelumnya.

“Total BYD dan Denza itu sudah mencapai 3.000 meter persegi. Salah satu brand dengan kapasitas size yang paling besar. Kenapa? Karena kita mempelajari di beberapa ajang kegiatan GIIAS ini jumlah pengunjungnya itu membeludak,” kata Luther.


Sebagai salah satu strategi menarik pengunjung, BYD Indonesia juga menyiapkan area khusus untuk test drive. Fasilitas ini dibuat agar pengunjung dapat langsung mencoba dan merasakan performa kendaraan BYD di lokasi pameran.

“Bahkan berdasarkan riset kita di kegiatan sebelumnya, ternyata antusiasme masyarakat untuk mencoba itu cukup tinggi. Makanya di GIIAS kali ini nanti kita bahkan mempersiapkan special test drive area,” katanya.

Setidaknya sepuluh unit kendaraan akan disediakan untuk mendukung aktivitas test drive. Ini termasuk beberapa model terbaru yang akan diperkenalkan perdana. Selain itu, BYD juga berencana memperkenalkan teknologi kendaraan terbaru melalui seminar di arena pameran. Meski belum menetapkan target pasti, perseroan berharap capaian di GIIAS 2025 dapat melampaui hasil tahun lalu.

“Target kita belum tentukan. Tapi tentunya melihat dan berkaca pada kegiatan sebelumnya, kita harapkan ini bisa lebih dari yang tahun sebelumnya. Paling tidak 1,5 kali atau mungkin kalau bisa dua kali lipat,” kata Luther.

Menggebrak pasar EV dengan Atto 1

BYD secara resmi memperkenalkan BYD ATTO 1 dalam sesi exclusive media day di GIIAS yang berlangsung meriah. Dalam seremoni pembukaan booth BYD sekaligus menandai kehadiran kedua kalinya di GIIAS, Luther mengumumkan peluncuran model terbaru yang telah menarik perhatian banyak kalangan muda bahkan sebelum diperkenalkan secara resmi.

BYD ATTO 1 hadir sebagai city car listrik dari BYD di Indonesia, sekaligus memperluas portofolio kendaraan listrik BYD dan memperkuat eksistensinya di pasar otomotif nasional.

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan mobilitas di kawasan perkotaan, kendaraan yang ringkas, efisien, dan ramah lingkungan menjadi solusi yang semakin penting. BYD ATTO 1 hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut melalui desain kompak dan modern, teknologi hemat energi, serta fitur yang memudahkan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

Model ini dirancang khusus untuk mereka yang berjiwa muda, aktif, dan mengutamakan pengalaman berkendara yang menyenangkan, menjadikannya pilihan ideal bagi konsumen dengan gaya hidup urban.

Antusiasme masyarakat yang tinggi, bahkan sebelum peluncuran resmi, semakin memperkuat komitmen BYD dalam menghadirkan solusi mobilitas yang relevan dan mudah diakses.

“Energy in Motion” adalah konsep pada BYD ATTO 1 yang menggambarkan semangat inovasi yang terus bergerak dan berkembang tanpa henti. Semangat ini mencerminkan energi berkelanjutan dan kreativitas dinamis, sekaligus menjadi motivasi BYD untuk terus menciptakan solusi mobilitas yang lebih baik dan berkelanjutan di masa depan.

Sementara Denza, mengusung tema Crafted Luxury, Electrified Future. Kehadiran ini menandai langkah strategis Denza untuk memperluas jangkauan dan memperkuat posisinya di pasar kendaraan listrik premium Indonesia yang terus berkembang.

Denza D9 yang menjadi produk pertama yang diperkenalkan di Indonesia sendiri telah mencatatkan lebih dari 6.000 penjualan hingga Juni 2025, sebuah pencapaian signifikan yang menunjukkan tingginya minat konsumen Indonesia terhadap kendaraan listrik premium.

“GIIAS 2025 merupakan babak penting bagi Denza untuk memperluas jangkauan dan memperlihatkan kekuatan penuh lini kendaraan listrik premium kami kepada publik yang lebih luas. Dengan permintaan yang kuat terhadap D9 serta kehadiran jaringan diler di berbagai kota, kami percaya bahwa Denza sedang membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen—di mana setiap kendaraan yang dikirimkan bukan hanya produk, melainkan awal dari perjalanan bermakna menuju masa depan mobilitas yang berkelas dan berkelanjutan,” ujar Eagle Zhao, President Director of PT BYD Motor Indonesia.

Selain menampilkan produk unggulannya, yakni Denza D9 yang telah tersedia di pasar, Denza juga menghadirkan Denza Z9 sebagai special display yang merepresentasikan visi desain dan performa masa depan dari lini kendaraan listrik sedan premium.

Di samping itu, Denza bekerja sama dengan Yayasan Puteri Indonesia sebagai wujud nyata komitmen terhadap keberlanjutan dan dampak sosial.



Kemitraan ini tidak hanya mencerminkan keselarasan nilai antara kedua pihak, tetapi juga memperkuat misi Denza dalam membangun ekosistem kendaraan listrik yang inklusif, menjangkau berbagai lapisan masyarakat, serta menginspirasi gaya hidup yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Partisipasi BYD dan Denza di GIIAS 2025 menjadi momentum penting dalam memperluas kepemimpinan keduanya di segmen kendaraan listrik nasional. Hingga Juni 2025, kedua brand ini secara kolektif telah menguasai 54,1% pangsa pasar kendaraan listrik di Indonesia atau dengan penjualan lebih dari 20.000 unit.

Di saat yang sama, adopsi kendaraan listrik terus menunjukkan tren positif, dengan pertumbuhan pasar nasional mencapai 9,7%. Capaian ini memperkuat posisi BYD dan Denza sebagai pelaku utama dalam mendorong transisi menuju mobilitas yang lebih berkelanjutan.