Geber Mitsubishi Destinator di Sirkuit Sentul, Turbonya Galak!

Uzone.id - Baru dikenalin beberapa hari lalu, Mitsubishi sudah mengajak awal media untuk geber Destinator di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Mobil yang belum diresmikan harganya itu ternyata punya beberapa hal menarik yang bisa dinikmati.
Ajang Media Test Drive Mitsubishi Destinator ini melalui beberapa lintasan yang dirasa cocok untuk menjajal sejumlah fitur dari mobil SUV 7-seater tersebut.
Mulai dari speed bump untuk merasakan kenyamanan suspensi, trek lurus panjang untuk melihat kemampuan akselerasi, lintasan basah untuk menjajal kestabilan, hingga slalom untuk mengetes fitur Active Yaw Control (AYC).
Saat Mitsubishi Destinator melintasi speed bump, suspensi bekerja cukup baik untuk meredam getaran. Meskipun bukan yang paling nyaman, namun responnya cukup untuk sebuah SUV medium size.
Di lintasan lurus, akselerasi Mitsubishi Destinator menjadi yang cukup menarik. Berkat mesin 4B40 berkapasitas 1.500 cc dipadukan dengan MIVEC Turbo, mampu menghasilkan tenaga 163 PS di 5.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm antara 2.500 hingga 4.000 rpm.
Dengan puncak torsi yang dimulai dari 2.500 rpm, membuat akselerasi Mitsubishi Destinator cukup istimewa. Terlebih menyentuh 100 km/jam bisa dicapai dalam hitungan detik saja.
Sayangnya, saat melintasi area trek basah kurang disiram air yang lebih banyak. Sehingga pengetesan area ini memang tidak terlalu terasa signifikan.

Lanjut ke lintasan slalom, fitur AYC pada Mitsubishi Destinator benar-benar bekerja cukup baik. Pasalnya mobil masih mudah untuk dikendalikan untuk berbelok zig-zag dengan kecepatan di atas 40 km/jam.
Menariknya, saat melewati lintasan slalom untuk kedua kalinya, Mitsubishi Destinator diperbolehkan menggunakan mode Tarmac untuk merasakan respon akselerasi yang lebih agresif meski di putaran mesin rendah.
Berkat mode berkendara ini, Mitsubishi Destinator sangat mudah untuk meningkatkan kecepatan. Menariknya lagi, mode Tarmac juga memberikan feedback pada setir yang lebih berat untuk membantu pengendalian saat berbelok.
Perlu diketahui, Mitsubishi Destinator punya lima mode berkendara mulai dari Normal untuk kebutuhan berkendara sehari-hari dan kemudian wet untuk memberikan stabilitas tinggi yang bisa digunakan ketika hujan.
Untuk kondisi khusus, mode Gravel bisa diandalkan untuk mengurangi selip dan memberikan pengendalian di jalan tidak beraspal. Mode Mud bisa dipakai untuk gerakan yang bisa mengeluarkan mobil dari medan berlumpur.
Sedangkan Tarmac menawarkan respon yang lebih gesit dan presisi untuk berkelok-kelok dan akselerasi tajam.
Mitsubishi Destinator akan ditawarkan dalam pilihan tiga varian yakni GLS, Exceed, dan Ultimate yang harganya akan diumumkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025.