Fitur-fitur Baru Grab: Akun Khusus Remaja Hingga Fitur Traveling

Uzone.id — Grab telah mengumumkan beberapa fitur dan inovasi baru untuk layanan mereka pada Senin, (08/04) di pameran tahunan bertajuk GrabX di Singapura. Ada sekitar 6 fitur yang dipamerkan oleh Grab dengan konsep ‘For Every You’.
Demi memenuhi kebutuhan pengguna, Grab melakukan riset terkait fitur-fitur ini dan menggunakan AI untuk pengembangannya.
“GrabX merupakan perwujudan komitmen kami dalam memanfaatkan teknologi terbaru untuk menghadirkan solusi yang mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhan harian masyarakat,” kata Anthony Tan, Group CEO dan Co-founder Grab dalam keterangan resminya.
Ia melanjutkan, “setiap fitur ini dikembangkan dengan filosofi yang kami sebut ‘AI-First with Heart’ dimana AI jadi pusat pendekatan kami dalam bekerja dan apa yang kami bangun, tanpa pernah melupakan untuk siapa kami berinovasi.”
Fitur-fitur ini antara lain Grab for Family | Remaja, Pesan Ramean, GrabFood Mandiri (Makan Sendiri), Shared Saver, Advance Booking (Airport Pickup), Dine Out Discovery yang didukung oleh GrabMaps, dan Grab Travel Pass.
Yang pertama, Grab for Family | Remaja. Fitur ini bisa digunakan oleh remaja berusia 13 hingga 20 tahun untuk bepergian sendiri dengan cara yang lebih aman dan terpercaya sehingga memberikan ketenangan pikiran bagi orang tua.
Fitur ini rencananya akan meluncur di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia mulai pada bulan Mei nanti.
Akun ini nantinya akan terhubung ke Grab for Family milik orang tua, dan anak bisa memesan perjalanan sendiri atau dipesankan oleh orang tua dengan fitur keamanan tambahan, seperti mendapat Mitra Pengemudi yang memiliki rating tinggi dan rekam jejak baik, verifikasi tambahan berupa PIN untuk memastikan kendaraan yang dinaiki dan identitas pengguna sesuai dengan aplikasi.
Saat tiba, pengemudi akan memberi PIN yang harus dimasukkan oleh anak lewat aplikasi dan perjalanan bisa dimulai jika PIN yang dimasukkan sesuai.
Grab juga menyertakan fitur Always-On AudioProtect yang akan didukung oleh GenAI untuk mendeteksi potensi bahaya secara real-time di dalam kendaraan. Fitur ini membantu Grab melakukan intervensi jika terdapat hal-hal janggal.
Tak hanya itu, semua perjalanan Grab for Family akan dilengkapi dengan fitur Trip Monitoring yang membantu orang tua merasa tenang karena dapat memantau perjalanan anak mereka dari awal hingga akhir.
Pesan Ramean. Selanjutnya, Grab juga akan menggunakan Large Language Model (LLM) yang dirancang khusus untuk menentukan apakah pesanan tersebut termasuk dalam pesanan besar atau ‘ramean’.
Fitur ini akan mengidentifikasi ukuran dan berat total dari makanan yang dipesan. Jika terlalu besar, maka sistem akan mencarikan GrabCar untuk mengantar pesanan atau membaginya ke dua Mitra Pengemudi GrabBike tanpa menambah biaya.
Fitur ini sudah ada di seluruh negara Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.
Selanjutnya ada fitur GrabFood Mandiri. Fitur ini tersedia bagi pengguna yang memesan makanan untuk diri sendiri (Makan Sendiri) dengan keuntungan tarif dan pembelian yang lebih murah.
Singkatnya, GrabFood Mandiri (Makan Sendiri) menawarkan paket makanan murah dengan tarif pengantaran flat yang lebih murah, tanpa batas minimum pembelian, sehingga pelanggan dapat memesan makanan favorit mereka dengan mudah dan terjangkau.
Layanan ini sudah tersedia di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.
Fitur Shared Saver. Fitur ini menjadi solusi bagi pengguna yang mencari ‘teman’ sharing makanan. Fitur ini punya cara kerja yang mirip dengan Group Order, tapi dengan orang yang tidak dikenal.
Nantinya, sistem Grab AI akan mendeteksi jika ada beberapa orang di satu area yang memesan dari Mitra Merchant yang sama, lalu mereka akan membuka opsi Shared Saver. Menariknya, pesanan tetap akan sampai ke alamat masing-masing pengguna dengan tarif yang lebih murah dari opsi Pengantaran Hemat, dan tanpa biaya pemesanan minimum.
Shared Saver ini sudah mulai diuji coba di Singapura pada bulan April dan akan diperluas ke wilayah lain pada bulan Juni.
Fitur Advance Booking (Airport Pickup). Fitur ini menawarkan layanan penjemputan dari bandara yang menyesuaikan jemputan dengan status penerbangan pengguna. Kalian bisa memesannya sebelum naik pesawat, lalu sistem akan melacak status penerbangan secar real time hingga Mitra Pengemudi datang tepat waktu.
Fitur ini telah tersedia di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali, Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Internasional Juanda di Surabaya, Bandara Internasional Kuala Lumpur 1, Bandara Internasional Phuket, dan Bandara Seletar di Singapura.
Grab juga merilis fitur lain yang diklaim berguna untuk para traveler yang sedang melancong ke wilayah lain. Fitur ini adalah Dine Out Discovery dan Grab Travel Pass.
Dine Out Discovery (didukung oleh GrabMaps) menghadirkan cara mudah bagi pengguna untuk mendapat pilihan tempat makan dan promo yang ada di sekitar mereka. Pengguna bisa mendapat info lengkap, mulai dari menu, jam buka, foto, review pengguna, dan bisa membuat reservasi restoran jika tersedia.
Dine Out Discovery akan tersedia di semua wilayah Asia Tenggara pada bulan Mei. Fitur Reservasi akan diluncurkan di Indonesia, Singapura dan Thailand pada bulan Mei, disusul oleh negara lainnya.
Selanjutnya adalah fitur Grab Travel Pass yang sangat berguna bagi orang-orang yang berkunjung di sekitar negara-negara Asia Tenggara. Fitur ini telah tersedia di semua negara dengan berbagai benefit termasuk voucher promo yang dapat digunakan untuk perjalanan bandara, transportasi umum, pesan-antar makanan, dan makan di restoran.
Grab mengatakan bahwa fitur Travel Pass ini hadir untuk membuat perjalanan di Asia Tenggara jadi lebih terjangkau, nyaman, dan menyenangkan.
Nah, itu tadi fitur-fitur yang sudah dan akan tersedia untuk pengguna Grab di seluruh Indonesia maupun Asia Tenggara. Nantikan peluncuran satu per satu fiturnya ya!