Digilife

Efek Domino PHK Massal Microsoft, Studio Game Sampe Ditutup

Aisyah Banowati
Efek Domino PHK Massal Microsoft, Studio Game Sampe Ditutup

Uzone.id – Belum lama ini, Microsoft umumkan PHK massal yang berimbas pada sekitar 9.000 orang atau 4 persen dari stafnya di seluruh dunia. Pemutusan hubungan kerja tersebut berdampak besar terhadap studio game Xbox.

Bahkan, Xbox sampai menutup salah satu studio game mereka, The Initiative. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Matty Booty, presiden konten dan studio game Xbox dalam memo internal kepada seluruh karyawan.





Dalam memo tersebut, Matty juga mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pemgembangan dari proyek Perfect Dark dan Everwild, serta menutup beberapa proyek yang bahkan belum diumumkan kepada penggemar dan media.

Upaya ini dilakukan untuk menyesuaikan prioritas dan memfokuskan sumber daya supaya tim dapat meraih kesuksesan yang lebih besar di industri.

“Keputusan ini, bersama dengan perubahan lain di seluruh tim kami, mencerminkan upaya yang lebih luas untuk menyesuaikan prioritas dan memfokuskan sumber daya guna menyiapkan tim kami untuk meraih kesuksesan yang lebih besar dalam lanskap industri yang terus berubah,” ungkap Matty Booty.





Sejak berita ini diumumkan, jumlah pasti karyawan yang terdampak di Xbox tidak diketahui secara pasti. Selain The Initiative yang mengalami penutupan, Raven Software juga terkena dampak akibat PHK yang dilakukan Microsoft.

Begitupun dengan Turn 10 Studios yang menjadi pengembang Forza Motorsport. Sebuah laporan menyebutkan jika hampir 50 persen staf diberhentikan oleh Turn 10 Studios.

Bagi karyawan terdampak, perusahaan akan memberikan dukungan termasuk pesangon, bantuan transisi karier, dan jika memungkinkan peluang untuk mengeksplorasi peran di tim lain.

Namun, setelah huru hara ini, Xbox berencana untuk tidak mengubah strategi mereka secara keseluruhan. Perusahaan mengungkapkan bahwa mereka memiliki rencana yang kuat menuju tahun 2026 mendatang.

“Strategi portofolio kami secara keseluruhan tidak berubah: membangun game yang menarik minat pemain, terus mengembangkan waralaba terbesar kami, dan menciptakan cerita, dunia, serta karakter baru. Kami memiliki lebih dari 40 proyek dalam pengembangan aktif, momentum berkelanjutan pada judul-judul yang akan dirilis musim gugur ini, dan rencana yang kuat menuju tahun 2026,” pungkas Matty.