One Day One Review

Daftar Aplikasi yang Bisa Digunakan untuk Mengaji

By Vina Insyani

Ilustrasi mengaji pakai aplikasi di ponsel pintar/Foto: dok. Kesan

Uzone.id -- Ramadhan memang bulan yang dimanfaatkan banyak orang untuk beribadah dan meningkatkan keimanan, salah satunya dengan cara mengaji. Di era digital, cukup dengan menggunakan aplikasi di ponsel pintar, orang-orang sudah bisa belajar mengaji di mana saja dan kapan saja.

Bagi kalian yang masih bingung aplikasi mana saja yang nyaman digunakan, berikut rekomendasi Uzone untuk beberapa aplikasi pilihan berisi ayat-ayat Al-Quran yang dapat membantu pengguna untuk mengaji pada bulan suci kali ini.

1. Muslim Pro
Aplikasi ini sudah tak asing lagi karena sudah diinstal lebih dari 50 juta kali. Fitur-fitur di dalamnya sangat lengkap, seperti arah kiblat, waktu sholat, dan doa-doa harian yang lengkap serta mudah dibaca. Tak hanya itu, Muslim Pro menyediakan fitur membaca ayat-ayat Al-Qur’an lengkap dengan cara membaca dan hukum tajwid serta versi audionya.

Baca juga: Bayar Zakat via Aplikasi, Sah atau Tidak?

2. Umma
Aplikasi ini dilengkapi dengan bacaan Al-Qur’an, waktu shalat dan adzan, arah kiblat, jadwal imsak, serta fitur live streaming yang menyediakan sarana diskusi online bersama narasumber terpercaya.

Umma sangat cocok untuk mengaji karena fitur Al-Qur’an di dalamnya dapat mempermudah pengguna dalam membaca. Ada fitur Al-Quran audio, terjemahan, bookmark untuk menandai posisi terakhir membaca Al-Qur’an, serta menyediakan ayat-ayat yang berisi terkait peristiwa tertentu.

3. Al-Quran Indonesia
Aplikasi ini berisi terjemahan Al-Qur’an dalam bahasa Indonesia lengkap 30 Juz, 114 Surah dengan format MP3 murottal di dalamnya. Dengan tampilan yang nyaman dilihat, Al-Quran Indonesia menyajikan format aksara yang mudah dibaca, baik itu orang muda maupun kalangan usia lanjut.

4. Muslim Go
Aplikasi buatan anak bangsa ini menghadirkan bacaan Al-Qur’an dengan versi audio yang diisi oleh suara Syaikh Misyari Rasyid. Muslim Go juga didukung fitur lainnya seperti buku, musik, video yang diambil dari kisah teladan Islam yang akan menambah ilmu agama.