Ramadan Lyfe

Cegah Corona, Bukber Virtual Aja Pakai Aplikasi Ini

By Vina Insyani

Photo by engin akyurt on Unsplash

Uzone.id -Bukber atau buka puasa bareng menjadi ritual wajib yang harus dilakukan di saat bulan Ramadhan tiba. Buka bersama menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga dan kerabat terdekat.

Namun, pandemi yang belum usai membuat acara buka bersama menjadi hal yang terbatas dan tak bisa dilakukan dengan leluasa. Adanya larangan untuk berkerumun dan adanya physical distancing membuat salah satu kegiatan wajib ini terhalang.

Untungnya teknologi digital semakin hari semakin membantu, tak usah bertemu dan berkumpul langsung, masyarakat masih bisa melakukan buka bersama secara virtual. Berikut aplikasi-aplikasi rekomendasi yang bisa digunakan untuk buka bersama secara virtual

WhatsApp Video Call
Salah satu fitur yang ada dalam aplikasi WhatsApp ini cocok untuk melakukan bukber virtual bersama orang-orang terdekat. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun sahabat dalam komunitas yang lebih kecil, karena WhatsApp Video Call terbatas hanya untuk delapan orang saja dalam satu panggilan.

Zoom Video Conference
Agar acara Bukber Virtual bisa diikuti banyak orang, Zoom Video menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama kala waktu berbuka. Selain bisa saling bersapa virtual, Zoom juga memiliki fitur screen sharing yang bisa dimanfaatkan untuk menonton video bareng sambil menunggu waktu buka.

Google Meet
Selanjutnya, aplikasi besutan Google yaitu Google Meet ini sangat cocok digunakan untuk melakukan bukber virtual dalam waktu yang cukup lama. Berbeda dengan Zoom yang membatasi waktu pengguna, Google Meet tidak memberikan batasan waktu ketika akan melakukan virtual meeting.

Fitur-fiturnya pun tak jauh berbeda, ada screen-sharing yang bisa digunakan untuk menonton video bersama. Bedanya, tampilan presentasinya mirip dengan sesi webinar, jadi sangat cocok apabila menghadirkan ustad atau penceramah pada saat buka bersama virtual digelar.