Digilife

Cara Facebook dan Instagram Sambut Ramadan di Indonesia

By Vania Puteri

Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Menyambut bulan suci Ramadhan, Facebook serta platform yang dinaunginya seperti Instagram, dan WhatsApp menyiapkan berbagai program menarik untuk mengisi bulan penuh kebaikan. Tema yang diusung oleh Facebook pada tahun 2021 ini adalah Jelajahi, Beri Inspirasi, Eskpresikan.

Pieter Lydian, Country Director Facebook membagikan bahwa Facebook akan “memberikan segala kesempatan untuk berbuat baik dengan panduan Anti Ribet bagi segala kalangan masyarakat, komunitas, dan UKM di Indonesia”. Program Jelajah Kebaikan akan berkolaborasi dengan content creator dan public figure asal Indonesia.

Pieter juga mengenalkan Program Inspirasi Kebaikan sebagai “serial buka puasa virtual dengan Team Gaming Indonesia dan Instagram, bernama Ramabar (Ramadhan Bareng)”.

Baca juga: Kata Facebook Soal Bocor 530 Juta Data Pengguna

Serial buka puasa virtual ini akan diawali oleh ngabuburit bersama para streamers game Indonesia seperti ZAN, Arkaw, dan LoeKeren. Sehabis streaming game akan terdapat kultum dari Ustad Maulana dan Ustad Syam. Kolaborasi ini diharapkan dapat menginspirasi banyak penonton lewat cara yang menyenangkan namun bermakna.

Philip Chua, kepala Public Policy Instagram juga mengenalkan bahwa akan terdapat stiker, filter Augmented Reality, dan Background khusus bulan Ramadhan yang akan rilis tanggal 12 April nanti.

Selain hal tersebut, Instagram akan mengadakan #NgabuburitDiInstagram.

Acara tersebut merupakan live session dengan 2 content creator seperti Nagita Slavina, Cinta Laura, Prilly Latuconsina, dan lain-lain. Pada sesi ini para content creator akan berbagi mengenai keseharian mereka selama bulan Ramadhan.

WhatsApp juga turut berpartisipasi dalam menginspirasi banyak kalangan dengan melaksanakan program pelatihan bagi UMKM di Indonesia.

BACA JUGA: Kata Pengamat Soal Pencurian Data Pengguna Facebook

Program ini melatih lebih dari 1000 pedagang pasar yang tersebar di 15 provinsi dan 22 kota di Indonesia untuk menggunakan WhatsApp Business.

Dengan bulan Ramadhan yang akan datang tentu kebutuhan pasar akan beragam mulai dari permintaan tekstil, bahan pangan, bumbu masak dan lain-lain.

Pelatihan ini juga mengenalkan fitur katalog produk dan otomatisasi dalam membalas pesan konsumen agar target penjualan harian pedagang tercapai.

Facebook juga membagikan kebaikan melalui kerjasamanya dengan Getty Images. Getty Images merupakan website berisi foto bebas biaya komersial yang dapat digunakan sebagai materi promosi bagi UKM. Para UKM dapat menggunakan foto dari Getty Images secara gratis.

Melalui rangkaian acara tersebut, Facebook berharap dapat menginspirasi banyak orang dan membawa kebersamaan kembali walau terhalang jarak akibat pandemi COVID-19.