Digilife

Buku Saku Hari Raya Idul Fitri

  • 02 May 2022 WIB
    Bagikan :

    Berbahagialah orang-orang yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan kesungguhan, selagi mengharapkan balasan hanya dari Allah, karena Rasulullah menyampaikan pahala besar yang akan mereka dapat:

    مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

    Siapa berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap balasan dari Allah, maka diampuni dosanya yang telah lalu (HR. Bukhari no. 1901).

    Setelah sebulan penuh umat Islam berpuasa pada bulan Ramadhan, kita menyambut Syawal dengan kemenangan atas musuh kita yang paling berat, yaitu hawa nafsu. Karena itulah, awal bulan Syawal kita rayakan sebagai hari besar umat Islam, Hari Raya Idul Fitri.

    Pada hari itu, menurut Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Fath Al-Bari, para sahabat Rasulullah biasa menyapa satu sama lain dengan ucapan:

    تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكَ

    Semoga Allah menerima amal ibadah kita semua.

    Idul Fitri adalah hari raya yang harus kita rayakan dengan bahagia, sebagaimana Rasulullah dan para sahabat merayakannya. Bahkan kita dilarang untuk berpuasa di hari ini, sesuai sabda Rasulullah :

    الْفِطْرُ يَوْمَ تُفْطِرُونَ وَالأَضْحَى يَوْمَ تُضَحُّونَ

    Fitri adalah hari di mana kalian berbuka (tidak berpuasa), dan Adha adalah hari di mana kalian berkurban (HR. Ibnu Majah no. 1660, Imam Suyuti menilai hadis ini shahih).

    Rasulullah juga membiarkan para sahabatnya bermain-main dan bersenang-senang saat Idul Fitri, selama tidak melanggar syariat Islam. Saat beliau datang ke Madinah, Rasulullah bersabda kepada para sahabat:

    قَدِمْتُ عَلَيْكُمْ وَلَكُمْ يَوْمَانِ تَلْعَبُوْنَ فِيْهِمَا فِي الْجَاهِلِيَّةِ، وَقَدْ أَبْدَلَكُمُ اللهُ بِهِمَا خَيْرًا مِنْهُمَا: يَوْمُ النَّحْرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ

    Aku datang kepada kalian dan kalian punya dua hari raya di masa Jahiliyah yang kalian isi dengan bermain-main. Allah telah mengganti keduanya dengan yang lebih baik bagi kalian, yaitu Hari Raya Kurban dan Hari Raya Fitri (HR. Abu Dawud no. 1434, Imam Al-Baghawi menilai hadis ini shahih).

    Untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri atau lebaran ini, KESAN ingin menghadirkan buku saku untuk Sahabat KESAN semua. Buku saku ini dibagi ke dalam empat pembahasan, yaitu:

    Pertama, sunnah-sunnah Hari Raya Idul Fitri.

    Kedua, tata cara shalat Idul Fitri,

    Ketiga, tata cara zakat fitrah.

    Keempat, puasa Syawal.

    Semoga buku saku ini dapat menjadi pegangan Sahabat KESAN untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga dan orang-orang tercinta di rumah. Sekali lagi KESAN ucapkan:

    تَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ

    Semoga Allah menerima amal ibadah kita semua.

    Download Buku Saku Hari Raya Idul Fitri di sini.

    Copyright © KESAN

    ###

    *Suka dengan artikel ini? Ayo bagikan ke lebih banyak orang untuk menyebarkan manfaatnya. Semoga menjadi amal jariyah bagi kita semua.

    **Jangan lupa download atau update aplikasi KESAN di Android dan di iOS. Gratis, lengkap, dan bebas iklan.

    ***Jika punya tulisan menarik, silakan kirim tulisanmu ke salam@kesan.id. Akan kami kabari jika bagus untuk dimuat!