Braze Buka Data Center di RI, Bantu UMKM & Bisnis Lokal

Uzone.id - Platform customer engagement asal Amerika Serikat (AS), Braze meresmikan data center pertamanya di Indonesia. Peluncuran ini menjadi bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan untuk berekspansi di kawasan Asia Pasifik (APAC) serta mendukung bisnis lokal, dari skala UMKM hingga korporasi.
Dengan data center di dalam negeri, pelaku bisnis dapat memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) milik Braze untuk menyajikan pengalaman yang lebih personal dan real-time kepada pelanggan. Selain itu, memastikan keamanan dan kepatuhan terhadap regulasi data.
Langkah ini sejalan dengan visi pemerintah Indonesia untuk meningkatkan Daya Saing Digital negara dari peringkat 51 pada tahun 2022 menjadi peringkat 20 pada tahun 2045. Disampaikan Country Director Braze Indonesia, Franz Sihaloho, investasi ini turut berkontribusi pada pengembangan infrastruktur dan talenta digital dalam negeri.

“Investasi ini akan membantu perusahaan Indonesia meningkatkan customer engagement dengan lebih aman, sekaligus berkontribusi terhadap pengembangan infrastruktur dan talenta digital yang lebih luas di Indonesia,” katanya, dalam keterangan resmi.
Senada, Shahid Nizami selaku VP Braze untuk APAC dan Gulf Coorperation Council (GCC) mengatakan, kehadiran data center lokal memungkinkan bisnis untuk tetap patuh terhadap regulasi yang ditetapkan, sekaligus memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.
“Braze menggabungkan keahlian global dengan pemahaman lokal untuk menciptakan customer engagement yang berdampak melalui teknologi AI terdepan,” ucapnya.
Sebagai bagian dari investasi di Indonesia, Braze juga berencana untuk merekrut lebih banyak talenta lokal an memperluas kantornya di Jakarta bulan depan. Hal ini bertujuan untuk membantu bisnis di Indonesia membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan mereka.
“Karena setiap wilayah memiliki persyaratan data yang unik dan lanskap regulasi yang terus berkembang, kami ingin memberikan infrastruktur lokal yang dibutuhkan oleh bisnis untuk menghadirkan pengalaman terbaik bagi pengguna,” pungkas Shahid.
Saat ini, Braze telah dipercaya oleh brand ternama di lebih dari 75 negara, termasuk Canva, Sephora SEA, dan Bank Digital BCA.