Automotive

BMW Rajanya Mobil Listrik Premium di Indonesia, Ini Mobil Terlarisnya!

Bagja Pratama
BMW Rajanya Mobil Listrik Premium di Indonesia, Ini Mobil Terlarisnya!

Uzone.id - Pabrikan China boleh mendominasi segmen mobil listrik di Tanah Air, tapi di segmen sultan alias premium, BMW masih rajanya.

BMW Indonesia mengumumkan perolehan penjualan positif pada kuartal pertama 2025. BMW mampu menjual hingga 835 unit dan mengalami pertumbuhan sebesar 7,7 persen.



Capaian tersebut membuat BMW menguasai pasar mobil premium hingga 57,2 persen, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu mencapai 775 unit, serta menjadi kuartal pertama terbaik sepanjang BMW berdiri di Indonesia.

Tidak sampai di situ, BMW juga mengatakan masih menjadi rajanya mobil listrik premium di Indonesia dengan menguasai pasar hingga 64 persen.

"Saya harap prestasi ini akan menjadi semangat kami di tahun 2025 dan dapat terus memperkuat posisi BMW sebagai brand otomotif premium terdepan di Indonesia dan nomor satu di segmen kendaraan listrik premium," ujar Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Sunny Medalla dalam keterangan resminya.

Melihat dari penjualan BMW Indonesia pada kuartal 1 2025, sepanjang kuartal pertama tahun 2025, berbagai model favorit dari BMW terus menjadi pendorong pertumbuhan penjualan di Indonesia.

Salah satu model yang paling diminati adalah BMW X1, baik dalam versi mesin pembakaran konvensional maupun versi full-listriknya.

Dengan total penjualan mencapai 230 unit, model ini menyumbang 27,5% dari total penjualan BMW, menjadikannya kontributor terbesar pada Q1 tahun ini.

Model berikutnya yang juga menyumbang angka signifikan adalah BMW X3, Sport Activity Vehicle (SAV) premium yang cocok di segala medan, dengan total 125 unit terjual.

Di posisi ketiga ada BMW Seri 3, sedan ikonik legendaris dengan total 105 unit terjual pada periode yang sama.

Rangkaian kendaraan performa tinggi BMW M, yang mencakup BMW M2, M3, M4, dan BMW XM, dikatakan juga memberikan performa penjualan yang sangat baik.

Dengan total penjualan mencapai 63 unit di Q1 2025, lini BMW M mencatat pertumbuhan sebesar 34% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Di segmen kendaraan mewah (Luxury Class), model-model seperti BMW Seri 7 (baik dalam versi mesin pembakaran konvensional maupun versi full-listriknya), BMW X7, hingga BMW XM menunjukkan tren permintaan yang positif.

Total penjualan dari lini Luxury ini tercatat sebanyak 55 unit pada Q1 2025, tegaskan posisi BMW sebagai pilihan utama pelanggan Indonesia di segmen kendaraan mewah.

Untuk segmen Business Sedan, BMW Seri 5 tetap menjadi salah satu model favorit baik di kalangan pelanggan korporat maupun individu.

Dengan kombinasi desain elegan, kenyamanan, dan performa khas BMW, model ini berhasil mencatat penjualan sebanyak66 unit di Q1 2025.

Sementara itu, BMW Seri 2, model BMW paling terjangkau saat ini, juga menunjukkan performa penjualan yang solid dengan 62 unit terjual.



Dari sisi elektrifikasi, penjualan kendaraan listrik BMW menunjukkan tren yang tetap positif. Di Q1 2025, BMW mencatat penjualan kendaraan listrik sebanyak 135 unit, menyumbang 16% dari total penjualan BMW.

Dengan angka tersebut, BMW kembali menegaskan posisinya sebagai pemimpin pasar EV Premium dengan pangsa pasar mencapai 64%.