Bersenang-senang Bareng Honda Civic Tanpa Turbo, Justru Makin Kencang!
_copy_1440x810.png)
Uzone.id - Bye-bye mesin turbo! Honda Civic kini gak perlu lagi induksi udara untuk mendongkrak tenaga. Di versi terbaru dari Civic, Honda sudah menyematkan sistem hybrid e:HEV yang membuat mobil ini makin istimewa--meski tanpa turbo!
Sebelum bahas impresi berkendaranya, kita perhatikan detail ubahan minimalis pada Civic e:HEV ini. Bagian depan jadi lebih segar, berkat ujung kap mesin yang direvisi jadi lebih ramping dan desain bumper yang dibuat makin agresif dan sporty.
Sementara itu, di bagian belakang, Rear LED Combi Lights dengan desain gelap tampil ekspresif dan modern, dipadukan dengan trunk spoiler yang menegaskan karakter sporty. Mobil ini menggunakan velg 17 inci berdesain spoke berwarna hitam.
Honda Civic RS e:HEV juga menggunakan ujung knalpot berlapis krom yang memberikan tampilan kesan sporty.

New Honda Civic RS e:HEV mengusung sistem hybrid canggih yang terdiri dari motor listrik dan mesin bensin 2.000cc Atkinson-cycle yang efisien. Ya, mesinnya membesar ketimbang versi turbo yang masih mengusung mesin 1.500cc.
Ditambah Intelligent Power Unit yang bekerja otomatis untuk menyeimbangkan performa dan efisiensi secara optimal.
Mesin bensin 2.000cc menghasilkan tenaga sebesar 141 PS pada 6.000 RPM dan torsi 182 Nm pada 4.500 RPM, sementara motor listriknya menghasilkan tenaga 184 PS pada rentang 5.000–6.000 RPM dengan torsi maksimum 315 Nm pada 0–2.000 RPM.
Kombinasi keduanya menghasilkan total tenaga sistem sebesar 203 PS, memberikan akselerasi yang responsif sejak putaran rendah dan performa yang konsisten di berbagai kecepatan.
Impresi berkendara: Apakah hybrid bisa gantikan turbo?
Jawabannya langsung saja, bisa banget! Ya, justru dengan mesin hybrid ini, pergerakan Civic jadi jauh lebih agresif, namun tetap halus. Tenaganya berisi dari bawah sampai atas, gak habis-habis!
Dengan mesin besarnya itu, pergantian sumber tenaga dari mesin bensin ke listrik dan sebaliknya jadi tidak terasa jomplang secara tenaga. Bedanya, paling hanya sedikit getaran dan raungan ketika mesin bensin aktif.

Kesenyapan mesin hybrid tidak membuat pengemudi merasa hampa, karena Honda juga sudah menyematkan Active Sound Control (ASC) yang menghasilkan suara mesin buatan sesuai dengan mode berkendara untuk meningkatkan kesan sporty dan responsif.
Jadi saat pedal gas diinjak secara spontan, mesin bensin dan motor listrik bekerja berbarengan karena saat akselarasi mobil butuh banyak tenaga. Disinilah adrenalin pengemudi meningkat dengan raungan mesin yang suaranya terdengar indah di kabin.
Dengan tenaga yang semakin buas tersebut, peace of mind pemilik pun tetap terjaga karena efisiensinya gak membuat mobil ini harus sering mampir ke SPBU.
Kalau dirata-rata, selama menggunakan Civic yang kebanyakan di kondisi perkotaan, catatan konsumsi BBM Civic e:HEV ini berada di kisaran 23-25 km per liter!
_copy_1440x810.png)
Lalu bagaimana soal handling? Ah, jangan ditanya, kan ini Honda! Jangankan Civic, Brio aja sudah enak handlingnya dan fun to drive, apalagi si sedan legend ini!
Podidi duduk rendah, visibilitas baik, respon setir dan rem yang presisi, seolah berpadu harmonis dengan sassis dan performa mesin ketika menggerakkan mobil ini.
Bantingan suspensinya tetap terasa empuk dan nyaman, meski tetap terasa kekakuan khas Honda yang berkarakter sporty. Manuvernya juga gesit dan presisi.
Pengemudi seolah menyatu dengan mobil dan menawarkan sensasi berkendara yang fun to drive khas Honda. Rasanya, meski waktunya singkat, menyenangkan sekali nyetirin Honda Civic e:HEV sambil perlahan melupakan sensasi mesin turbo-nya.
Fitur Google built-in yang berfaedah
Honda sudah menyematkan sistem Google built-in pada Civic e:HEV ini, yang memungkinkan akses langsung ke layanan seperti Google Maps, Google Assistant, dan berbagai aplikasi melalui Google Play Store tanpa perlu menghubungkan smartphone.
Jadi selama perjalanan, smartphone kalian tetap bisa 'beristirahat' dan pastinya tidak akan menguras baterai, karena semua konektifitas yang dibutuhkan, terutama musik dan Maps sudah tersedia di mobil ini.

Dengan sinkronisasi akun Google, pengguna dapat menikmati navigasi real-time, menjalankan berbagai fungsi dengan perintah suara, serta menyimpan preferensi dan histori yang langsung tersedia setiap kali berkendara.
Untuk menunjang konektivitas digital, Civic RS e:HEV juga dilengkapi dengan fitur In-Car WiFi, memungkinkan pengguna tetap terhubung selama perjalanan.
Selebihnya, masih terlalu banyak fitur-fitur canggih lainnya di Honda Civic ini yang tidak akan bisa kami hafalkan satu persatu, termasuk sokongan Honda Connect dan juga Honda Sensing.
Kesimpulan
Saatnya move on! Toh nyatanya tanpa mesin turbo pun Civic tetap punya performa yang menyenangkan, bahkan jauh lebih buas dengan adanya sokongan sistem hybrid.
Dengan sejarah panjangnya, Civic coba untuk terus relevan dengan zaman, termasuk menggusur sistem mekanikal turbo menjadi elektrifikasi e:HEV.