One Day One Review

Aplikasi Umma, Temani Khatam Al-Quran Saat Ramadan

By Vina Insyani

Uzone.id - Tahun 2021 menjadi Ramadhan kedua yang dilaksanakan di masa krisis kesehatan global. Penggunaan internet semakin hari semakin tinggi begitupun aktivitas-aktivitas digital yang terus meningkat.

Kendala ini tak jadi halangan untuk tetap beribadah di tengah protokol kesehatan yang mengharuskan masyarakat untuk mengurangi kegiatan diluar rumah. Oleh karena itu, banyak aplikasi digital yang muncul untuk membantu umat muslim dalam beribadah terutama disaat bulan suci ramadhan.

Salah satunya adalah aplikasi Umma yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store dengan rating tinggi. Umma adalah sebuah platform muslim dengan informasi serta fitur-fitur lengkap untuk melaksanakan ibadah sehari-hari, khususnya di Ramadhan kali ini.

Fitur utama yang ada dalam aplikasi Umma antara lain Quran Majeed yang lengkap dengan terjemahan dari berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Melayu, Prancis, Turki, dan masih banyak lagi.

Quran Majeed juga menyediakan versi audio serta tanda hukum tajwid pada setiap ayatnya yang dapat menuntun Anda dalam membaca Al-Quran yang baik dan benar. Ada pula pilihan layar ketika membaca Al-Qur’an serta fitur untuk mencari ayat atau juz tertentu yang membahas sebuah peristiwa di kehidupan sehari-hari.

Fitur Bookmark dapat menunjukkan dan menandai halaman Al-Quran yang terakhir dibaca. Aplikasi ini juga dilengkapi doa sehari-hari seperti doa makan, doa buka puasa dan doa lainnya.

Fitur yang sangat dibutuhkan adalah Waktu Shalat dan Adzan di waktu Ramadhan. Fitur ini berguna untuk melaksanakan shalat tepat waktu. Ada pula jadwal shalat serta imsak berdasarkan lokasi pengguna serta countdown menuju waktu shalat selanjutnya. Notifikasi Adzan pun akan terdengar di ponsel Anda ketika sudah memasuki waktu shalat.

Jika Anda adalah orang yang sering berpergian, mungkin penunjuk arah kiblat adalah hal yang sangat dibutuhkan. Anda akan ditunjukkan pada arah yang benar untuk sholat berdasarkan GPS dan lokasi anda berada.

Untuk menambah ilmu agama, Umma melengkapi fitur uVoice, uClass, dan Live Streaming. uVoice berisi podcast islami yang diisi oleh para content creator muslim. Live Streaming berisi ceramah serta tanya jawab dengan Ustad dan tokoh agama mengenai berbagai topik. uClass hadir sebagai sarana untuk mempelajari berbagai hal tentang islam secara lebih jelas.

Konten up-to-date dan trending yang berisi artikel, video, kata mutiara dari para tokoh agama, kutipan Al-Quran juga hadir agar pengguna dapat berbagi informasi dengan pengguna lainnya.

Semakin melengkapi fitur-fitur ibadah lainnya, aplikasi Umma juga memberikan sarana bagi pengguna untuk bersedekah dan berdonasi bagi orang-orang yang membutuhkan lewat uGive. Fitur ini nantinya akan mengarahkan anda untuk berdonasi dalam bentuk uang melalui berbagai pembayaran seperti virtual account, e-wallet dan lainnya.

Aplikasi ini sangat berguna bagi umat muslim yang ingin terus beribadah dimana saja dan kapan saja. Hanya dalam satu aplikasi, umat muslim telah mendapatkan berbagai fitur yang sangat lengkap. Didirikan pada tahun 2017, aplikasi Umma telah mengalami pertumbuhan pesat dan popularitas yang semakin meningkat hingga sekarang.