Islam Dan Teknologi

Aplikasi Pengatur Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Bulan Ramadhan

By Vina Insyani

Photo by Abdullah Arif on Unsplash

Uzone.id -Semakin canggihnya dunia digital saat ini sangat membantu masyarakat dalam mengatur aktivitas mereka, termasuk umat muslim yang juga mendapatkan kemudahan dengan adanya aplikasi-aplikasi yang membantu mereka mengatur jadwal maupun aktivitas disaat bulan puasa.

Salah satu yang menjadi keuntungan di era digital ini adalah munculnya aplikasi-aplikasi pengingat waktu imsak dan juga buka puasa agak tepat waktu dan tidak salah jadwal.

Berikut aplikasi-aplikasi buatan anak bangsa yang bisa digunakan untuk menjadi alarm ketika waktu imsak dan berbuka puasa

Kalender Puasa 2021

Aplikasi ini khusus hadir untuk untuk para pengguna iOS secara gratis, aplikasi Kalender Puasa 2021 dikembangkan oleh developer asal Indonesia. Aplikasi ini sangat membantu mengatur jadwal ibadah seperti fitur utama jadwal sholat, jadwal imsak, juga ditambah jadwal puasa sunnah.

Kalender Puasa 2021 terintegrasi dengan kalender bawaan iOS sehingga akan membantu pengguna mendapatkan notifikasi secara otomatis nantinya.

Usholli

Aplikasi ini memiliki rating yang cukup tinggi di PlayStore dengan rating 4,8 dari total 5 stars. Aplikasi Usholli sangat membantu umat muslim dalam meningkatkan aktivitas ibadah seperti Shalat, sedekah, dzikir, dan kegiatan ibadah lainnya. Usholli menyediakan jadwal imsak, jadwal shalat, serta kompas untuk menunjukkan arah kiblat di seluruh waktu bagian di Indonesia.

Usholli tidak sembarangan menyediakan jadwal imsak maupun buka puasa, aplikasi ini mengambil data resmi dari Kementrian Agama sebagai acuan dalam menyusun jadwal sholat dan imsak selama Ramadhan 2021.

Jadwal Imsakiyah 2021 1422 H

Fitur utama yang hadir dalam aplikasi ini adalah jadwal sholat dan jadwal imsakiyah yang disesuaikan dengan kota-kota besar di Indonesia. Dikembangkan oleh developer thelastprojectdroid, aplikasi ini juga dilengkapi doa-doa harian dan pilihan serta tata cara menjalankan ibadah puasa.